Bahaya 'Mengkretek-kretekan' Tulang Sendi

by - 10:13

Assalamualaikum. wr.wb.

Image result for bahaya mengkretek-kretekan tangan
Setiap hari kita beraktivitas membuat anggota tubuh kita rentan pegal-pegal terutama pada bagian persendian seperti leher, jari atau pinggang. Hal seperti itu sudah sering dilakukan oleh masyarakat, padahal hal seperti itu akan menimbulkan bahaya jika terlalu sering dilakukan. Salah satu bahayanya adalah akan menimbulkan penyakit stroke. Apa saja ya bahaya lainnya?

Bahaya mengkretekan persendian
 Membunyikan persendian dapat merusak tulang rawan. Hal ini disebabkan karena disaat kita menarik jari, ruang sendi akan membesar sehingga tekanan sendi semakin menurun dan ikatan sendi akan tersedot. Setelah tekanan sendi menurun akan menimbulkan suara letupan yang biasanya dihasilkan dari gas karbondioksida. Bahaya nya adalah sebagi berikut :
1. Akan menyebabkan stroke, apabila membunyikan pada leher maka akan tersubnatnya pembuluh darah ke otak.
2. Sarah kejepit.
3.  Persendian semakin membesar dan menjadi lemah apabila sering membunyikan persendian. Seperti contohnya apabila kita sering membunyikan jari-jari tangan, maka setelah beberapa tahun kemudian, jari tangan tersebut akan semakin memanjang tetapi kekuatannya menjadi berkurang.
4. Akan menjepit saraf tulang belakang apabila sering membunyikan tulang pinggang. Akan melumpuhkan saraf apabila persendian meradang dan mengenai saraf motorik.
5. Tubuh sulit dikenadalikan oleh otak. Hal tersebut karena otak gagal memberikan intruksi pada anggota tubuh untuk menggerakkan atau menyeimbangkan anggota badan.

Hal-hal yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa pegal
Alternatif lain yang harus dilakukan apabila tubuh terasa pegal-pegal adalah :

1. Kompres anggota tubuh yang pegal tersebut dengan air hangat atau berendamlah dengan air hangat sampai tubuh benar-benar rileks.

2. Apabila leher pegal, sebaiknya gerak-gerakkan leher ke kiri atau ke kanan.

3. Bersandar ditembok dan lemaskan anggota badan bagian punggung.

4. Tidak menggunakan AC dengan suhu tinggi saat tidur. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi kedinginan dan posisi tidur menjadi meringkuk sehingga bagian punggung dan leher menjadi pegal saat terbangun.

5. Pastikan kepala tetap lurus dan tegak, tidak kesamping, kebelakang ataupun kedepan apabila sedang membaca buku atau bekerja didepan komputer.

Jadi, biasakanlah untuk menghindari membunyikan persendian ketika pegal. Karena hal itu akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Terima kasih sudah berkungjung! Jika ada kesalahan, mohon komen di kolom bawah.

Sumber :
rabiatulzamlia.blogspot.com
www.inicaraku.com 

pict by : clinicorthopaedic.wordpress.com
 

You May Also Like

4 comments

  1. Oalah. Gue sering banget ini nih. Ternyata bahaya. Makasih infonya. Hehe.

    Boro-boro tidur pake AC. Kipas angin aja rusak. Adanya accessories :(

    ReplyDelete
  2. iyaa bahaya banget, padahal sepele ya. Hahaha sabar aja ya mas:)

    ReplyDelete
  3. benar banget nih,enaknya ada yg mijet sih :v

    ReplyDelete