Semua Orang Ingin Dihargai

by - 10:51

Assalamualaikum wr.wb.

Semua orang memang ingin dihargai sekecil apapun usaha yang ia lakukan, hmm..ya setidaknya mengucapkan kata "terima kasih" saja sudah cukup membuat orang bahagia atas pekerjaannya. Seperti contohnya pada dunia sekolah, ketika kita sedang melakukan presentasi tetapi kita tidak diperhatikan oleh teman lainnya, berasa tidak dianggep banget ya. Terkadang kita juga diberi tugas oleh guru tetapi guru tidak ngoreksi sama sekali tugas kita, sedangkan kita sudah mati-matian cari referensi buat tentuin jawabannya.

Contoh kedua dalam dunia percintaan, disaat kita udah setia, memberi kasih sayang, uang, pikiran dan waktu kita untuk pasangan eh dia malahan pergi ninggalin kita dan menjalin hubungan dengan orang lain. Ada juga contoh disaat kita suka sama orang, udah menunggu lama dia nembak, memprioritaskan dia ke orang-orang, ngode-ngode biar doi peka ehh si doi malah suka nya sama orang lain bukan ke kita haha tidak jarang sih kasus seperti ini.

Tidak dihargain itu memang sakit, tapi sebelum kita ingin dihargai oleh orang lain apakah kita udah menghargai diri kita sendiri? Sudahkah kita menghargai orang lain juga? Hmm..Ada faktor-faktor penyebab kita tidak dihargai orang lain, cekidot.

1. Suka Curhat (?)
Curhat itu memang hal yang wajar kok buat meringankan beban masalah kita, setidaknya ada orang yang mau mendengarkan saja udah cukup. Tapi kalau keseringan curhat malah bikin orang risih, seperti halnya sering curhat di sosmed sampai ngespam di timeline orang, diajak ngobrol malah berkeluh kesah tentang masalahnya padahal barangkali orang tersebut sedang mempunyai masalah yang lebih berat dari kita tapi ia tidak mengeluh. Hal seperti ini membuat kepribadian kita mudah dibaca orang lain dan sikap seperti ini membuat orang jadi malas menghargai kita.

2. Tidak menghargai dirinya sendiri
Bagaimana sih sikap tidak menghargai diri sendiri? Hmm.. contoh tidak menghargai diri sendiri itu adalah kurangnya kepercayaan diri untuk mengembangkan potensi yang ia punya, berpakaian tidak senonoh, menjadikan dirinya sebagai objek yang tertindas, narkoba, berjudi, maling, dll. Bagaimana bisa menuntut orang lain menghargai dirinya tanpa menghargai dirinya sendiri?

3. Tidak menghargai orang lain
Of course kita tidak akan dihargai apabila kita tidak menghargai orang lain. Orang lain pun sama dengan kita, sekecil apapun usahanya ingin dihargai, jadi jangan bersikap egois.

4. Sok tahu
Terkadang kita suka sebal kalo ada orang yang sok tahu padahal belum tentu ia mengerti. Sikap seperti ini yang membuat orang sulit menghargai kita.

Lalu bagaimana supaya orang lain menghargai kita?
 Ada hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin dihargai orang, yaitu :

1. Sering membantu orang yang tepat
Seringlah membantu orang yang tepat dengan cara apapun yang kita bisa, kecuali kalau kita membantu orang karena rasa takut malah membuat orang tersebut memanfaatkan kita dan selalu ingin kita membantunya tanpa melihat keadaan.

2. Berkumpul dengan orang-orang baik
Berkumpul dan bergaul dengan orang-orang baik akan membawa kita kepada sikap yang positif sehingga apabila kita melakukan hal yang negatif teman kita pun akan menghalangi kita untuk melakukan perbuatan tersebut sehingga orang akan melihat kita bahwa kita adalah orang baik dan orang pun akan menghargai kita.

3. Berbicara dengan sopan
Berbicaralah dengan baik dan sopan sehingga tidak menyakiti hati orang lain. Keep your mouth shut if you couldn't says something nice. Katakan pujian positif kepada orang lain dengan perkataan tulus sehingga orang tersebut merasa dirinya dihargai dan ia pun takkan segan untuk menghargai kita.

4. Be yourself
Jangan suka mengikuti gaya orang lain, jadilah diri kita sendiri dengan apa adanya sehingga orang lain akan penasaran dengan kita dan menghargai apapun cara kita untuk berpenampilan.

5. Percaya diri
Hmm..hal seperti ini yang sering menguji kita. Terkadang banyak orang yang hanya mengambil sisi negatif kita tanpa melihat sisi positif kita sehingga mengurangi kepercayaan diri kita. Biarkan saja mereka ingin berkomentar apapun yang penting kita harus tetap percaya dengan diri kita sendiri.

6. Ramah dan suka menyapa
Selalu memberikan senyuman atau mengucapkan salam kepada orang ketika bertemu walaupun tidak disapa kembali dengan ramah. Hal ini membuat kita dihargai orang.

7. Menjaga penampilan
Dengan berpenampilan yang baik dan sopan membuat kita lebih dihargai oleh orang.

8. Hargai orang lain
Orang lain juga ingin dihargai. Jadi langkah untuk kita bisa dihargai adalah menghargai usaha orang lain juga, sekecil apapun usaha mereka kita patut memberikannya penghargaan.

9. Hargai diri sendiri
Kita patut menghargai diri sendiri seperti contohnya adalah percaya diri dengan kemampuan kita walaupun banyak orang lain yang meremehkan, bersikap positif dan selalu ingin maju dalam hal yang positif sehingga orang lain pun akan memerhatikan kita dan menghargai kita.

"Terkadang tanpa kita sadari bahwa kita lebih banyak menuntut untuk dihargai tanpa menghargai."

Semua orang ingin dihargai hasil usahanya maupun besar atau kecil kita patut memberikan apresiasinya. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung :)  
sumber

You May Also Like

6 comments

  1. kurang lebih konsepnya kayak "Give and take" bukannya "take and Give"
    karena seharusnya kita mengutamakan untuk "memberii" pengahargaan yang kemudian kita pasti akan "menerima" yang namanya penghargaan dari orang lain :)
    good blog..

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat, terima kasih :))

    ReplyDelete
  3. betul saling memberi dan menerima

    ReplyDelete