Alasan Seseorang Memiliki Sifat Jutek

by - 08:16

source


Orang jutek itu ialah orang yang berhati dingin layaknya sebuah lemari es, itulah sebutan mereka. Orang jutek cenderung tidak ingin terlibat dan mengambil resiko. Biasanya orang jutek itu jarang ada yang ingin berteman dengan mereka karena orang jutek itu cenderung tidak peduli dan tidak peka. Para orang jutek yaitu bersifat dingin yang artinya tidak mesra, tidak emosional, tidak berempati bahkan tidak sensitive. Orang jutek biasanya berguna secara fungsional dan pekerja keras tetapi mereka jarang dianggap.

Salah satu faktor penyebab orang bisa menjadi jutek ialah karena pernah terluka di masa lalu atau beban trauma yang masih tersimpan di dalam hati, berhati-hati untuk mengindentifikasi masalah dan takut menanggung resiko.

Orang yang memiliki sifat jutek biasanya memiliki sifat yang tegar dan sabar dalam tingkat tinggi untuk menghadapi suatu masalah karena biasanya mereka tidak dimasukkan kedalam hati dan menganggap itu hanyalah persoalan biasa namun mereka tetap berfikir secara akal dan logis, orang jutek juga tidak mudah tersinggung, mudah melupakan dan memaafkan serta tidak peduli apa yang orang lain bicarakan tanpa kebenaran adanya. Orang jutek itu sebenernya peduli bahkan sangat peduli dari apa yang orang-orang lihat diluarnya tetapi cara mereka menyampaikannya itu berbeda.

Sebenernya aku ini termasuk orang yang cenderung jutek dan apa adanya. Setiap orang yang baru kenalan sama aku pun pada berkomentar "Nih cewe ko jutek ya?'', "Duh ni orang kalo ngomong nyelekit di hati banget sih?", "Cewe ko jutek? Emang ada yang mau?", "Ko serem ya deket kamu", dan berbagai komentar  lainnya. Masih banyak lagi deh komentar-komentar dari orang yang baru kenal, tetapi sebagian ada yang mengerti dan sebagian masih aja ada yang nyimpen dendam terselubung sampe sekarang pun masih diungkit-ungkit tapi aku ga peduli mereka.


Jadi orang jutek kadang membawa positif dan membawa negatif. Positifnya yaitu udah aku jelasin di paragraf sebelumnya kalo orang jutek itu mempunyai sifat ketegaran yang tinggi dan cenderung tidak peduli apa pun komentar miring yang dikeluarkan dari mulut orang-orang tapi tetep belajar dari kesalahan dan tidak menganggap remeh komentar tersebut. Negatifnya yaitu, banyak orang yang menjauh karena males dengan sikap kita yang dingin dan ketidakpekaan kita padahal kita justru lebih peduli dari apa yang mereka lihat.

"Orang jutek itu bukan orang yang tidak baik atau bahkan tidak peduli, tetapi mereka takut memperdulikan dan berbuat baik kepada orang yang salah. "

Jangan selalu menutut orang jutek untuk menjadi orang yang ramah karena sulit bagi mereka melakukan hal itu, itu udah bawaan dari diri mereka sendiri, cobalah berbicara sesuai dengan bahasa mereka. Sulit bagi kita mengajarkan seekor kambing untuk berenang bukan? Kalo kamu merasa tidak suka dengan sikap mereka, mungkin bisa membicarakannya baik-baik tanpa menjauhkan mereka atau membalas dendam atas perilaku mereka karena orang jutek juga hanyalah manusia biasa.

Perbedaan jutek dan judes, jutek itu bukan berarti judes loh yaa. Perbedaannya yaitu, kalo jutek itu orangnya dingin dan keliatan tidak pedulian gitu orangnya, tapi kalo orang judes itu kalo ngomong pedes banget, suka nyindir dan asal ceplos tanpa tahu rasa sakitnya orang kalo dibicarakan seperti itu.

Sesama manusia, saling mengingatkan yaaa:) Jangan suka menyimpan dendam dan uneg-uneg kepada orang yang jutek karena itu memang sikap dia. Diingatkan saja semoga tidak melakukan kesalahan yang terulang lagi.


You May Also Like

4 comments

  1. Be your self aja neng.
    Slama smean enjoy sma keadaan itu. ^_^

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. hehe iya ka titi sebagian faktor orang bisa jutek itu karena pernah terluka...

      Delete