Untuk kamu yang diremehkan

by - 15:25

Assalamualaikum wr.wb.

Diremehkan atau direndahkan ituu emang rasanya sakit hati banget, rasanya ketika kita udah berjuang semampu kita tetapi orang yang didekat kita malah meremehkan hasil kerja kita seakan kita merasa gagal. Terkadang ada orang yang ketika diremehkan itu ia malah bangkit dan ingin membuktikan kalo dia itu bisa, bahkan ada juga yang malah ngedown, depresi bahkan sampe ada yang bunuh diri. Hm...

Ambil Positifnya
Seharusnya, ketika kita diremehkan kita harus membuktikan kepada mereka kalo kita itu bisa dan ga seperti apa yang kemaren mereka omongin.

Aku pengen cerita, sewaktu SD duluu aku pengen banget masuk spensa alias SMP N 1 Cirebon yang terkenal sekolah favorit, apalagi dulu sewaktu angkatan aku spensa masih pake sistem RSBI yang di pelajaran tertentu pake bahasa Inggris, ada tes direktorat, pulangnya lebih sore dari yang lainnya, dan sehari itu pelajarannya banyak. Aku mikir kayaknya orang yang sekolah disana itu pasti pinter-pinter, dan tugasnya juga pasti banyak, ya seengganya biar aku terbiasa dengan sistem dikasih tugas yang banyak aku jadi semakin terbiasa jadi orang yang rajin dan ga kaget kalo nanti waktu SMA atau kuliah dikasih banyak tugas.. (pemikiran waktu sd sok alim banget ya).

Nah aku aslinya pesimis banget, ga bakalan mungkin sekolah di spensa, aku aja ga terlalu pinter dan pas-pasan aja nilainya, apalagi bahasa Inggrisnya juga ancur banget, aku takut buat maju. Eh akhirnya ada wali kelas waktu kelas 6 SD aku yang maksain aku buat masuk spensa dan dia yakin banget aku bakalan masuk, terus dia yang ngurus-ngurus persyaratan aku buat daftar ke spensa, dia peduli banget sama aku, dia namanya Ibu Herlina.

Aku ga cerita-cerita ke temen kalo aku mau daftar ke spensa, dan sampai akhirnya ketiga 'mantan' sahabat aku waktu SD tau sendiri. And they said,

"Elsha, yang bener aja kamu masuk spensa? Kayak kamu mampu aja sekolah disana, emang kamu udah pinter gitu jadi yakin banget sekolah disana?"Pake nada tinggi,
"Ya coba-coba aja sih, kalo dapet ya syukur kalo engga yaudah gapapa" jawab aku,
"Udah kamu gabakalan masuk, kayak bisa ngikutin pelajarannya aja, emang kamu bisa bahasa Inggrisnya? Nilai kamu aja pas-pasan, disana juga mahal kaya bisa aja ngebiayainnya"
"Ya gatau ya, aku cuma coba-coba aja"

Tau ga sih rasanya gimana diremehin kayak gitu sama 'mantan' sahabat aku sendirii? Ternyata 'mantan' sahabat aku punya rasa iri dengki dan dendam juga ya sama aku padahal aku ga pernah ada rasa kaya gitu ke dia. Hmm... Aku sakit hati tapi untungnya aku ga nangis sih, karena kalo nangis di depan orang kaya dia itu nanti dia malah lebih seneng karena dia udah berhasil buat kita down.

Aku bakalan buktiin ke dia, kalo aku ga serendah itu, aku banyak belajar, terus bersosialisasi sama kaka kelas yang udah keterima di spensa dan spenma, kenalan kesana kemari buat tau model soalnya sampe dadakan belajar Inggris ya ampun ternyata sebelum dibagiin hasil nem, udah pengumuman dulu murid yang diterima di spensa nya eh ternyata aku diterima alhamdulillah, daannn ketiga 'mantan' sahabat aku cuma bisa nahan malu. Omongan mereka masih aku kenang sampe sekarang. Terima kasihhh kaka kelas yang udah ngebantu aku buat nyari info sekolah di spensaa, aku lupa namanya btw:')
Intinya sih kamu harus buktiin kalo kamu lebih dari mereka dan ga seperti apa yang mereka omongin. Sebenernya remehan dari orang lain itu adalah motivasi untuk diri kita sendiri supaya kita menjadi lebih baik. Haters ituu orang yang paling sayang sama kita, karena apa? Karena setiap gerak gerik kita itu pasti diperhatiin mereka, dan mereka yang bakalan membuat kita sukses. Tangan kita cuma dua, ga cukup untuk nutupin satu-persatu mulut orang yang ngeremehin kita.

Diremehin bukannya bikin maju malah nambah ngedown? Udah lah mendingan dijauhin aja orang kaya gitu, gausah didengerin omongan mereka, yang penting kita harus selalu buat prestasi supaya mereka malu udah ngerendahin kita. A sun can shine alone. Matahari bisa bersinar sendirian kenapa kita enggak?

Pesen untuk kalian yaa, kalo ngomong seengganya dipikir dulu, bikin sakit hati apa engga, karena omongan itu bakalan ga bisa dilupain seperti contohnya aku, jaman SD udah lama bangett waktu Smash dan Cherrybelle masih ngetrend wkwkwk hmm..udah 5 tahunan tapi bener-bener ga bisa dilupain. 

Jangan suka ngeremehin orang jugaa karena bisa jadi orang yang kamu remehin itu malah lebih baik daripada kamu. Ini kayaknya sesi curhat deh ya, maafkan aku kalo gaje hehe sekian.


 


You May Also Like

4 comments

  1. Bener banget diremehin itu sakit banget. Tapi yakin aja suatu saat kita pasti akan berhasil dan membuktikan pada orang-orang yang meremehkan kita menarik kembali perkataannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yappss setuju sama mba milaa kalo kita harus membuktikan kepada mereka kalo kita bakalan berhasil...

      Delete
  2. Untungnya di lingkuangan aku nggak separah ini orang-orangnya. Mereka selalu mendukung rencana-rencana dan impian saya meskipun kedengarangannya seperti ingin menggapai bintang di langit. But, we need motivation to make it happen right? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh enak ya orang2nya selalu ngasih motivasi...
      Hehe ya gapapa atuh menggapai bintang di langis, barangkali aja bisa tercapai :D

      Delete