Jangan Terlalu Berharap

by - 06:15

Assalamualaikum wr.wb.

Terkadang kita mempunyai banyak keinginan dan cita-cita yang benar-benar kita ingin gapai. Berusaha, kerja keras, berdoa dan segalanya di korbankan untuk menggapai cita-cita seolah kita benar-benar berharap keinginan kita akan tercapai. Berharap boleh saja, asalkan jangan terlalu berharap karena akan membuat kita kecewa jika keinginan kita tidak tercapai.

Walaupun terlalu berharap itu tidak pasti berakhir kecewa, sebaiknya jika kita ingin mengharapkan sesuatu, lihat diri kita terlebih dahulu, apakah kemampuan kita cukup untuk menggapai apa yang kita inginkan, agar tak berujung kecewa.

Seharusnya kita sadar, hari esok masih menjadi misteri dan kita tak tahu pasti apakah keinginan tersebut akan tercapai? Sebaiknya, jangan 100% berharap, tetapi sisakan beberapa persen untuk menerima hal-hal buruk jika keinginan kita tidak tercapai.

Jangan terlalu berharap pada cinta seseorang
Kita pasti pernah mengharapkan seseorang, seperti contohnya mengejar orang yang kita cintai. Kita berharap agar orang tersebut mencintai kita balik, berbagai cara dilakukan demi mengejar cinta. Setiap malam memikirkannya membuat semakin tergila-gila bukan? Ketika kita berharap ia menjadi milik kita, tetapi ia tidak menyukai kita dan memilih orang lain yang ia suka. Sungguh mengecewakan bukan? Merasa semua usaha yang kita lakukan sudah sia-sia.

Jangan terlalu berharap pada keinginan
Yap, sudah saya bahas sejak awal tadi. Ketika kita memiliki keinginan dan ingin sekali di gapai hingga berbagai cara pun kita lakukan demi menggapainya. Bukan berarti terlalu berharap sudah pasti akan berakhir mengecewakan, alangkah baiknya jika kita mempertimbangkan potensi yang kita punya dan berintropeksi diri apakah kemampuan kita cukup bisa untuk menggapai keinginan kita? Hari esok masih menjadi misteri, sebaiknya persiapkan diri kita hari ini untuk mengantisipasi jika ada kabar buruk sehingga tidak membuat kita merasa sangat kecewa.
 
Jangan terlalu berharap pada seseorang
Kita tidak usah terlalu berharap pada seseorang, salah satunya kepada teman atau orang yang dekat dengan kita. Seperti contohnya kita mempunyai sahabat yang selalu membantu kita saat terjadi kesulitan, menemani kita curhat dan menemani kita kemanapun kita pergi. Tetapi disaat ia sedang sibuk dengan urusannya sendiri dan kita sedang butuh dia tetapi dia tidak bisa membantu membuat kita kecewa bukan?



Sebaik-baiknya kita berharap hanyalah kepada Allah SWT
Allah SWT akan mengabulkan harapan bagi siapa saja yang berharap hanya kepada Nya”           (QS. Al Baqarah: 186)

 “dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (Q.S. Al-Insyirah : 8)

Kesimpulannya adalah, kita tidak usah terlalu berharap kepada sesuatu yang belum pasti, apakah itu akan membuat kita bahagia atau kecewa, kita tidak pernah tahu karena masih dalam misteri. Berharaplah hanya kepada Allah. Berdoa dan yakinlah Allah akan mengabulkan doa kita. Allah is the best planner.




You May Also Like

10 comments

  1. Terima kasih untuk artikelnya ya..
    Inspiring banget. Khusnudzon hanya kepada-Nya saja... ^_^
    ilInsyaAllah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh terima kasihh mbaa sudah berkunjungg:) Seneng deh kalo artikelnya bermanfaat. Berkunjung lagi yaaa!

      Delete
  2. Berharap kepada Tuhan yang menciptakan kita ya ;)

    ReplyDelete
  3. Yap, karena tempat terbaik untuk menyandarkan segala harap adalah kepada-Nya ya.
    Terima kasih sudah mau mengingatkan sesama.

    Btw, kali pertama saya berkunjung di sini. Salam kenal, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, terima kasih jugaa udah berkunjungg:D jadi terharu...
      Salam kenal jugaa yaaa!

      Delete
  4. Hi Elshafira, berharap boleh saja ya tapi jangan terlalu berlebihan apalagi melebihi batas normal. Sebaiknya berharap pada apapun dengan batas normal dan wajar saja akan lebih baik tentunya ya.

    Sebelumnya salam kenal yaa! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget mba, udah berpengalaman kalo terlalu berharap endingnya selalu kecewa. Maka dari itu saya mau sharing di blog ini dan ngingetin ke orang lainnya. Iyaa, salam kenal jugaa:D

      Delete
  5. First time nih mampir kemari. Salam kenal ya, Elshafira (atau punya panggilan lain?) :)

    "Jangan 100% berharap, tetapi sisakan beberapa persen untuk menerima hal-hal buruk jika keinginan kita tidak tercapai" --> wah, ini bener banget. Temen gua sendiri pernah ngomong begini, dan dia punya pengalaman pahit tentang menaruh kepercayaan 100% pada suatu hal, malah akhirnya terpuruk saat keinginannya tidak terkabul. Selalu ada dua kemungkinan dalam sebuah keinginan: terkabul dan tidak. Kebanyakan orang pengennya terkabul, malah ngga mempersiapkan mental kalo seandainya yang terjadi adalah tidak terkabul.

    Yang poin "jangan terlalu berharap pada seseorang" itu juga bener banget. Selalu ada kemungkinan terburuk. Semoga aja kedepannya kita terhindar dari hal-hal semacem itu. Well, emang udah paling pas kalo kita menaruh harapan sepenuhnya sama Allah SWT ya, karena Allah-lah yang bisa mengabulkan semua harapan :)

    ReplyDelete
  6. Salam kenal jugaaa :) Panggil aja Elsha.

    Iyaa bener banget tuh, aku juga pengalaman seperti itu sampe keinginan aku ga terkabul dan akhirnya aku shock banget sampe nge down ngapa2in aja mager. Jadi aku niatnya nulis gini buat ngingetin aja kalo berharap 100% itu ga boleh, karena kita harus menyisakan beberapa persen untuk mental kita kalo keinginan kita ga terkabul.

    Makasih banyak yaaa udah berkunjuung :D

    ReplyDelete