Mengapa Bisa Terjadi 'Tindihan' Saat tidur

by - 09:35

Assalamualaikum wr.wb.

Sumber
Pernahkah anda ketika sedang tidur tiba-tiba tubuh terasa tidak dapat digerakkan dan mulut tidak dapat bicara seperti ada yang menindih tubuh anda? Ternyata peristiwa ini disebut Sleep Paralysis atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah 'Kelumpuhan saat tidur' atau 'Tindihan'. Seringkali kita mengira peristiwa ini adalah disebabkan mahluk ghaib, ternyata hal itu hanyalah mitos dan tidak benar adanya.

Penyebab Sleep Paralysis
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Toronto menyatakan bahwa Sleep Paralysis disebabkan karena perubahan kimiawi yang dilakukan otak sehingga tubuh mengalami kelumpuhan bukan karena hal mistis yang sering diperbincangkan masyarakat.

Saat kita tidur, tubuh kita mengalami 4 fase yaitu :
1. Kondisi setengah sadar. 
2. Kondisi akan terlelap.
3. Kondisi sudah terlelap.
4. Rapid Eye Movement (REM).
Pada fase REM kita sedang mengalami mimpi dan mengistirahatkan otot-otot. Sleep Paralysis terjadi apabila kita mengalami fase tidur yang tidak bertahap, dimana fase kondisi setengah sadar langsung melompat ke fase REM.

Saat kita terkena Sleep Paralysis dimana keadaan tubuh kita sudah 100% sadar tetapi otak masih belum sinkron dengan tubuh. Peristiwa ini sudahlah wajar dan tidak membahayakan kesehatan. Biasanya hal ini terjadi pada usia remaja yaitu sekitar umur 14-17 tahun.

Bagaimana Cara Mencegah Sleep Paralysis?
Jika anda sering mengalami Sleep Paralysis, Kita bisa mencegahnya dengan cara :

1. Tidur yang cukup
Sleep Paralysis disebabkan karena kurang tidur atau kelelahan dan harus lebih banyak istirahat apabila hal ini sering terjadi. Cukupi lah kebutuhan tidur setidaknya 8-10 jam setiap malam.

2. Jangan terlalu lelah
Terlalu lelah dapat memicu Sleep Paralysis karena ketika tubuh lelah, gelombang saraf tidak akan mengikuti fase tidur dengan secara berurutan. Jika lelah, sebaiknya jangan tidur dulu, lakukanlah berbagai aktivitas ringan seperti menonton tv atau duduk santai.

3. Tidak usah panik
Peristiwa ini seringkali membuat panik karena terbayang-bayang akan kehadirannya mahluk halus dan berhalusinasi yang lainnya. Jangan terlalu khawatir karena kejadian seperti ini akan hilang dalam hitungan detik.

Jangan terlalu khawatir dengan kejadian seperti ini karena Sleep Paralysis adalah kejadian yang wajar dan tidak ada kaitannya dengan hal-hal mistis yang beredar di masyarakat. Terima kasih sudah berkunjung..

Sumber :
www.indotipstricks.net 
doktersehat.com  
 

You May Also Like

4 comments

  1. iya, di sini masih nganggep kalok ketindihan itu sebab diduduki setan, pdhl nggak, tp ya kdg2 bikin aku jd parno sendiri kalau abia ketindihan
    tengkiu sharenya ya mak

    ReplyDelete
  2. iyaa aku juga suka parno sendiri kalo tiba2 ngerasa ketindihan gitu..
    Btw aku belum jadi emak-emak hehe :D

    ReplyDelete
  3. Jadi intinya gak usah dilawan ya? Soalnya selama ini kalo ketindihan selalu melawan.

    ReplyDelete