Realita orang pendiam

by - 08:30

Assalamualaikum wr.wb.

sumber
Jujur, sebenernya sewaktu saya masih SD saya orangnya tertutup sekali, pemalu dan cenderung pendiam padahal saya ada keinginan untuk berbicara, bergabung dan berperan aktif seperti yang lainnya, tetapi tetap saja saya tidak bisa sehingga sewaktu SD saya benar-benar tidak mempunyai teman. Sewaktu SMP saya kembali aktif dan berani berbicara karena faktor dukungan dari teman saya yang cenderung positif membuat saya semangat untuk bersosialisasi sehingga saya banyak dikenal oleh orang dan tidak menutup diri lagi. Hmm... Ada tidak ya temen saya yang membaca artikel ini?

Setelah saya membaca sebagian artikel dan buku tentang kepribadian seseorang yang pendiam, saya menjadi tahu penyebab, kelebihan dan kekurangan orang pendiam dan disini saya ingin menyimpulkan kembali apa yang telah saya baca dan menurut pendapat saya. Jadi, mohon maaf jika pendapat anda berbeda dengan apa yang saya tulis.

Faktor membuat orang menjadi pendiam

1. Pernah disakiti dimasa lalu
Yap saya sadari ternyata sikap pendiam itu diakibatkan karena pernah disakiti di masa lalu sehingga menutup diri untuk bergaul kemungkinan karena takut disakiti kembali dan ada rasa emosi yang tersimpan di dalam hati atau yang biasa kita sebut sebagai "uneg-uneg" yang masih belum bisa dilampiaskan terang-terangan.

2. Tidak dipedulikan orang sekeliling
Tanpa kita sadari, terkadang ada salah satu dari kita yang tidak mau bergaul dengan teman yang memiliki kekurangan tertentu seperti halnya orang tersebut bodoh, ekonomi nya kurang, tidak modis dan lain sebagainya. Hal ini membuat dirinya merasa tidak dipedulikan orang sekitarnya sehingga akan timbul sikap yang pendiam dan menurup diri untuk bergaul dengan orang lain disekitarnya.

3. Minder
Mungkin salah satu dari kita pernah mengalami kegagalan? Ya, termasuk saya yang sering mengalami kegagalan. Ada sebagian orang yang berpikir optimis bahwa kegagalan adalah pacuan untuk kita supaya tampil lebih baik lagi dan belajar dari kesalahan. Tetapi bagi sebagian orang juga yang mengalami kegagalan membuat dirinya semakin down, depresi dan menjadi minder. Nah, sikap minder ini yang membuat seseorang menjadi takut bersosialisasi dengan orang sekitarnya karena dirinya merasa banyak kekurangan.

4. Lebih nyaman sendiri
Ya, orang pendiam cenderung menyukai sendirian karena tidak suka dengan hal yang berbau ramai dan kebisingan. Tetapi orang pendiam justru sering diasingkan seperti contohnya saja ketika kita melihat seseorang yang pendiam tampak tenang dalam kesendiriannya membuat kita enggan mendekatinya bukan? Tetapi ada juga sebagian orang yang bahkan mendekatinya dan mengajaknya mengobrol hmm ya tergantung dalam kondisi lingkungannya.

5. Merasa tidak memerlukan orang lain (?)
Merasa memiliki kemampuan untuk menyelesaikan suatu persoalan sendiri dan merasa tidak membutuhkan orang lain. Menurut saya, mempunyai kepercayaan diri yang tinggi memang bagus tetapi tidak baik jika berlebihan. Manusia adalah mahluk sosial yang pasti membutuhkan manusia lainnya bukan?

6. Menutupi kekurangannya
Sebagian penyebab dari orang yang pendiam adalah berusaha untuk menutupi kekurangannya baik itu karena tidak pandai berbahasa atau kekurangan yang lainnya memyebabkan orang menjadi lebih baik diam.

7. Takut menyakiti perasaan orang lain dengan lisannya
Saya sering sekali melakukan hal seperti ini, lebih baik diam daripada menyakiti hati orang lain jadi membuat saya ragu dalam bersenda gurau dengan yang lain. Ya, mungkin sebagian orang pendiam karena lebih baik menjaga lisannya daripada mengucapkan hal yang tidak perlu.

Kelebihan orang pendiam
Dalam sudut negatif pasti ada sudut positifnya, salah satunya adalah sudut positif orang pendiam. Orang pendiam justru lebih bisa mengontrol kemampuannya untuk memilah mana yang benar dan mana yang salah. Selain itu, orang pendiam justru sering menuangkan ide nya atau curahan hatinya dengan membuat karya seperti melukis, membuat artikel, cerpen, puisi, karya ilmiah dan lain sebagainya. Selain itu, orang pendiam biasanya cenderung unggul dalam hal-hal yang membutuhkan pemikiran.

Seperti pengalaman masa lalu saya sewaktu tidak memiliki teman dan cenderung pendiam. Saya sering menyendiri di dalam kelas sedangkan saya lihat teman-teman asik bersenda gurau dan menceritakan pengalamannya masing-masing. Dalam hati saya hanya bisa menangis dan bertanya-tanya, mengapa teman-teman enggan menghampiri saya?

Jadi, jika anda melihat ada orang yang menyendiri sebaiknya coba untuk diajak mengobrol dan bercerita agar ia menjadi orang yang tidak menutup diri dan tidak benar-benar merasa hidup sendiri.

Tips supaya menghilangkan rasa pendiam

1. Memaafkan kesalahan orang lain yang menyakiti kita dimasa lalu
Masa lalu sebaiknya sebagai pembelajaran untuk ke masa depan. Memaafkan memang mudah tetapi enggan melupakan. Tetapi seminimal mungkin hilangkanlah bayang-bayang masa lalu yang menyakiti kita agar kita bisa terbuka dengan orang lain dan pandai bergaul.

2. Lihat kekurangan kita
Cobalah kita melakukan intropeksi diri. Kekurangan apa sih yang membuat kita menjadi pendiam? Apakah karena fisik kita yang kurang memuaskan seperti pendek? Duh, orang mencari teman bukan diliat dari tinggi pendeknya badan kali. Muka banyak jerawat? Pengen muka seperti artis model. Hm.. Jangan kira, artis model sebenarnya muka nya tidak semulus yang kita kira, kelihatan mulus mungkin efek make-up atau efek kamera. Merasa diri kurang pintar? Semua orang pintar tetapi tingkat malasnya itu. Asal ada kemauan pasti bisa. Bersyukur saja intinya. Ingat semua orang punya kekurangan, jadi tidak usah menutup diri.

3. Mencoba bergaul di lingkungan baru
Cobalah memulai percakapan pertama seperti berkenalan dengan teman baru, mengajak ngobrol dan bercerita membuat kita mempunyai banyak kenalan bukan?

4. Jangan takut tampil apa adanya
Walaupun kita pendiam tetapi kita punya prinsip sendiri bukan? Yuk mulai sekarang kita mulai jujur untuk diri kita sendiri dan memeberanikan diri berpendapat dan menyuarakan pikiran kita masing-masing. Tak usah memikirkan komentar miring dari orang lain.

5. Move on
Buka lembaran baru dan hilangkan hal-hal negatif pada masa lalu. Bersikap positif dan hapuslah segala luka-luka batin yang masih ada di dalam hati kita. Fokus lah ke masa yang akan datang. 

Terima kasih yang sudah membaca:) Kritik dan saran komen lanngsung yaa.
 

You May Also Like

2 comments

  1. kalau aku pendiem sbb lebih kepada lihat kondisi situasi dan pribadi lawan bicara aku dlu. Kalau sekiranya aku klik dan nyaman, baru aku akn ngilangin si pendiem jauh2. Begitu juga sebaliknya. kalau sekiranya lawan bicara ku orgnya gk asyik menurutku yaa lbh baik aku diem aja, jd pendengar aja wes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh iya mba saya juga suka gituu, tapi kadang suka dibilang jutek. hmm.. jadi serba salah

      Delete