Jangan Mudah Percaya Dengan Teman

by - 02:02

Assalamualaikum wr.wb.

Cari temen yang bener-bener baik itu ga gampang, pengalaman banget selama 18 tahun ini aku masih ragu buat nganggep temen, kadang banyak yang nganggep aku sahabat lah sodara lah tapi terkadang aku masih sukar buat nganggep mereka sebaliknya, jahat banget ya aku :( Aku jujur sebenernya tampang aku yang cupu dan sok polos gini mungkin banyak yang anggep aku ini apatis, ansos, gabisa bergaul, ga punya temen, tapi sayangnya prediksi mereka salah besar. Aku punya banyak kenalan yang mereka sebenernya gatau, aku paling sebel tiap ada temen yang bilang "tuh gabung sama yang lain biar punya temen", "cari koneksi dong sama temen-temen biar ga ketinggalan info", "percuma pinter tapi gabisa bersosialisasi kayak kamu gabakalan sukses". Haha sok tau banget.

Ya pribadi aku emang cuek, jutek dan judes menurut mereka jadi aku sering sendirian kalo kemana-mana tapi bukan berarti aku ga punya koneksi lah. Justru aku sering kenalan sama orang-orang bahkan SKSD (sok kenal sok deket) ke orang tanpa mereka tau, ih siapa yang ga sakit hati dikasih statements kayak gitu, tapi aku memilih diem gamau berkutik dan gamau bikin masalah lagi.


'DON'T TRUST SOMEONE EASIER'
Kembali ke topik awal. Sebenernya, aku orangnya mudah percaya 1000% ke orang yang bahkan aku baru kenal sekalipun, aku ga segan-segan ceritain semua keluh kesah aku, terutama pas SMP karena pada jaman itu aku akui temen-temennya baik-baik dan bisa jaga rahasia, aku bebas mau cerita ke siapapun tanpa takut di bocorin. Ternyata aku masih belum bisa melepaskan kebiasaan aku semasa SMP ke SMA. Aku susah beradaptasi semasa SMA karna bedaa banget suasananya sama di SMP, awalnya aku cuma cerita-cerita ke temen SMP aku dikelas dan lama-lama aku berani cerita ke beberapa temen kelas karna aku anggep mereka 'baik' dan bisa jaga rahasia, EH TERNYATA ENGGAK. Bahkan aku sampe diadili dikelas gara-gara cerita aku diumbar ke orangnya, dan pengalaman ini aku jadikan pelajaran biar aku ga mudah percaya sama orang lagi sekalipun orang itu terlihat "baik'.

Lalu, gimana sih cara nahan diri biar ga mudah percaya sama orang lain? Mungkin sedikit tips berdasarkan pengalaman pribadi yang bisa dicontoh oleh para pembaca. Ini dia :

1. Di Telen dan Di Nikmati
Kamu punya uneg-uneg sama orang? Pengen ngelampiasin? Tips pertama, kamu gausah buru-buru buat curhat ke temen sekalipun sahabat kamu, udah cukup di telen aja daripada nanti di umbar lagi ceritanya dan sampe ke telinga orang yang kamu omongin itu bisa bikin masalah baru dan menimbulkan kebencian.

2. Di Omongin ke Orangnya Langsung
Tips kedua kalo kamu ga sanggup ngelakuin tips pertama yaitu diomongin baik-baik dan langsung ke orang yang kamu punya uneg-uneg itu daripada curhat ke temen trus bocor kemana-mana malah jadi gosip bahkan bisa dilebih-lebihin dari cerita aslinya. Tapi ada resikonya kalo kamu mau diomongin langsung ke orangnya, bisa aja orangnya ga terima sama yang kamu omongin terus jadi berantem bahkan menimbulkan dendam kalo salah satu pihak ga bisa menerima. Jadi intinya mah liat-liat orangnya dulu. 

3. Curhat Sama Keluarga 
Curhat aja ke keluarga, ke Ibu, Ayah atau Kakak maupun Adik yang enak diajak curhat dan bisa ngasih solusi. Kalo sama keluarga biasanya gausah takut kalo ceritanya diumbar-umbar dan udah pasti kamu dapet solusi ketimbang sama temen yang kebanyakan kepo sama urusan kamu doang dan ga ngaruh ke kamu apa-apa. Tapi, terkadang aku suka males cerita yang sedih-sedih ke keluarga terlebih ke Orang Tua karena tiap kali aku punya masalah dan sedih, mereka ikut-ikutan sedih jadi ya tergantung sama masalah apa yang harus aku ceritain.

4. Jangan Terpancing Sama Penampilan Teman dari Luarnya
Yaps, seperti aku korban trap temen yang tampangnya baik tapi hatinya sangat diragukan. Udah gausah cerita-cerita ke temen baru, karena kita gatau hatinya seperti apa, mulutnya seperti apa walaupun melalui tampangnya mereka sangat-bisa-dipercaya. Bukan temen baru aja, banyak kok kasus temen aku yang dikhianati sahabatnya sendiri sampe dia kena bullying temen sekolahnya gara-gara rahasianya dibongkar. 

Udah cukup itu tips dari aku, semoga yang tadinya gemar ber-curcol-ria bisa dipikir ulang, diolah lagi dan di putuskan apa ini pantes diceritain apa engga. Okee sekiaan ~


You May Also Like

4 comments

  1. sip, kadang teman terlihat baik di luar tapi nusuk dari belakang, makanya kita hrs pandai membaca karakter seseorang

    ReplyDelete
  2. Keluarga juga mesti yg bener2 dipercaya pengalaman saya malah keluarga yang pada nusuk dan fitnah ckckck...
    so far malah teman yang uda kek sodara :P

    ReplyDelete