How to Tenangin Diri Saat Putus Cinta

by - 05:50

Assalamualaikum wr.wb.

Hai guys, apa kabar kalian semua? *Tutupin buku soal-soal mandiri* *Kasih tau biar dikira anak rajin*

Hmm... Adakah yang lagi patah hati karena abis ditinggalin dia? Kalo ada, peluk dulu sinii {} hahaha. Oke, putus cinta itu hal yang lumrah terjadi sih ya di kalangan orang pacaran. Tiap orang yang pacaran ya harus menerima resiko kalo suatu saat meninggalkan atau ditinggalkan, harus siap patah hati, cemburu dan berbagai macam masalah ya. Pokoknya ribet banget deh, jatuh cinta emang ngeribetin.

Bagi cewe, kamu punya hak buat nerima dia apa engga, kudu selektif juga sih biar kita ga nyesel suatu saat udah milih dia, ga nyesel pas udah tau kejelekannya dia dan bagi cowo juga sebelum memilih cewe harus dipikir mateng-mateng, pikirin kedepannya bakalan gimana biar kamu ga ngecewain si cewe itu, pikirin juga si cewe ini bisa buat kamu be better ga. Semuanya harus dipertimbangin, gausah neko-neko lah ya.

Lagi sayang-sayangnya malah ditinggalin tanpa alesan yang jelas? Okelah bagi cewe emang awal-awal pasti ngerasa nyiksa banget, nangis berjam-jam, nangis sampe ga tidur semaleman, sampe sakit-sakitan gara-gara stress diputusin pacar, sampe ganggu konsentrasi belajar, haha baiklah ini saya akuin berdasarkan pengalaman pribadi hahaha silahkan ketawain aja guys, aku emang alay. Tapi gatau kenapa rasanya sakit banget, ini hal pertama yang aku rasain. Aku belum pengalaman jadi maklumin lah ya.

Nah, aku pengen ngasih info nih untuk readers yang sedang patah hati supaya ga depresi kaya aku. Karena aku ga pengen kalian ngelakuin hal-hal yang ngerugiin kalian sendiri seperti yang pernah aku alamin.

How to Tenangin Diri Saat Putus Cinta?

Based on my experience 

1. Nangis Sepuas-Puasnya
Ga papa kok pas abis diputusin nangis, karena dengan menangis merupakan sarana untuk mengekspresikan hati kita yang telah di kecewakan #eaa. Boleh sedih, asal jangan berlarut-larut ya guys, ga baik, nyiksa diri sendiri namanya, karna kamu berhak bahagia. Gausah bego jadi orang, tu orang yang ninggalin kamu lagi seneng-seneng, mending seneng-senengnya sama temennya eh inimah seneng-seneng sama cewe lain, lagi sibuk buat cewe lain bahagia. 

Lah kamu mikir ga sih? Kamu yang tulus sayang sama dia malah ditinggalin, ditangisin, disakitin. Eh cewe lain yang belum tentu tulus kaya kamu ke dia malah di bahagiain. Senyumin ajadeh ya buat cowo yang ninggalin berlian demi sebiji cabe *eh.

2. Cari Kesibukan Lain
Nah buat kalian yang sedang bersedih, coba deh alihkan kesedihan kalian dengan nyari kesibukan yang bermanfaat, seperti misalnya belajar main gitar, jalan-jalan sama temen, belajar, ngerjain soal-soal dan yaa kalo bisa mah do something useful to each other and yourself. Pokoknya ini cara ampuh deh buat ngelupain dia yang brengsek hehe. 

3. Be Better than Before
Kamu ngerasa ga sih, gara-gara pacaran jadinya suka terlena? Jadi ngulur-ngulur waktu solat cuma buat balesin chat dia, jadi males belajar demi nemenin dia vidcall, jadi ga ngebantuin orang tua gara-gara kecapean pulang sore abis jalan sama dia. Hey guys ayo sadar, setelah diputusin jangan makin down dong, ayo jadi pribadi yang lebih baik. Jadiin putus cinta itu kesempatan buat memperbaiki diri. Makin rajin belajarnya, ibadah makin di tekunin, having time with family, yang tadinya kamu jutek jadi makin ramah dan terbuka dengan orang lain, yang tadinya kamu ga pernah senyum jadi murah senyum, yang tadinya kamu pemalu jadi percaya diri. Ayo semangat!

4. Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta
Ayo guys yang tadinya suka mengalihkan ibadah buat bela-belain dia. Sekarang jangan lagi dong. Mulai deketin diri sama Allah, rajinin solat sunah seperti tahajud, duha sama hajat, tekunin puasa senin-kamis, solat 5 waktu jangan ditinggalin dan kalo bisa diawal waktu, ohya kalo kamu masih ada bayang-bayang dia terbesit di hati kamu sehingga bikin kamu sedih lagi, ngaji aja sampe hati kamu bener-bener tenang. 

Satu lagi, ibadah itu jangan di niatin buat yang aneh-aneh ya guys kaya misalnya jadi rajin ibadah biar si mantan menyesal udah ninggalin, atau niat buat ngelupain dia, pas udah lupa malah ga rajin lagi. Hei guys pliss, ibadah di niatin karna Allah yaa!

5. Hilangkan Mindset "Buat Mantan Menyesal"
Buat kalian yang masih punya mindset ngelakuin sesuatu yang buat mantan menyesal, plis ilangin aja mulai detik ini. Karena ini bakalan nyiksa diri sendiri. Kaya misalnya, "Pokoknya nilai ulangan kimia aku harus lebih besar daripada dia, biar dia nyesel ninggalin orang pinter kaya aku", Hey guys sadarlah hal seperti ini malah buat kalian terpuruk dan makin tersiksa, karna diri kalian dipaksa untuk memenuhi sesuatu yang belum tentu kalian bisa hadapi. Oke kaya misalnya mindset yang tadi, kamu jadi dituntut buat belajar kimia terus-menerus sampe ga tidur demi mengejar nilai, eh ternyata nilai kamu tetep lebih rendah daripada si mantan, ini bakal buat kamu makin tersiksa, stress dan rasa kecewa. Nyiksa diri banget kan?

Maka dari itu, udah jalanin aja apa adanya yang sekiranya kamu mampu, gausah dipaksa dan gausah ada tuntutan buat dia menyesal. Karena berbuat sesuatu dengan niat yang jelek hasilnya ga bakal mulus. Yang penting jangan lupakan point nomor 3! Menjadi seseorang yang be better bukan berarti hidupnya dipenuhi tuntutan yang nyiksa diri sendiri. Maaf guys kalo gagal paham sama kata-katanya haha. 

6. Ikhlasin dan Berpikiran Positif
Udahlah gausah diratapin terus, ga merubah apapun. Ikhlasin aja dan maafin semua kesalahan dia, karna kalo hati ikhlas itu udah bener-bener tenang, kaya lepas dan bebas. Relain aja kalo ngeliat dia deket sama cewe lain, oke gapapa mungkin dia ga baik buat kita. Buat tipe orang yang susah move on, gapapa, jalanin aja pelan-pelan yang penting pasti. 

7. Cari Penggantinya Dong!
Hahaha kok aku ketawa ya pas nulis point ke 7. Oke guys di point ini emang bener banget, ketika kita diputusin dan nemu orang baru yang buat kamu bahagia lagi, buat kamu nyaman dan ga nangis lagi ditambah kalo dianya ternyata suka juga ke kita haha. Bener deh, rasa sedih kamu bakalan ilang dan seperti membuka lembaran baru. Hmm gimana sih ya susah dijelasin.

Oke, sampe sini aja ya tips nyaa dan ini merupakan tips berdasarkan pengalaman pribadi. Aku sadar sih pacaran itu merupakan kesalahan terbesar aku selama 18 tahun ini tapi gapapa deh dijadiin pengalaman dan pelajaran aja se-engganya aku punya cerita dan ga jadi orang yang kaku.

Ayo perbaikin diri karena kata banyak orang sih ya jodoh itu cerminan kita. Kalo kita baik, insya Allah dapet jodoh yang baik lagi. Udah gausah sedih lagi karna abis diputusin, karena kalo dia emang yang terbaik buat kamu pasti bakalan balik lagi, dan kalo emang bukan yang terbaik pasti bakal digantiin sama orang yang lebih baik lagi. Semangatt buat semuanyaa!

sumber




You May Also Like

8 comments

  1. boleh dicoba tipsnya :) ada rencana cari pengganti dia? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada hahahaha, heh kamu pembaca setia bangetsii

      Delete
  2. Ini tipsnya berlaku buat cowo ga, ya? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa berlakuu koo buat yg sedang putus cintaa hehe

      Delete
  3. Wah boro-boro nenangin diri karena putus cinta.
    Ngerasain cinta aja belum gua mah. Hahaha

    ReplyDelete
  4. Bersyukurlah yang gapernah patah hati gara2 cowo hahaha :D

    ReplyDelete