Menyindir Itu Baik Ga Sih?

by - 09:09

Assalamualaikum wr.wb

Menyindir adalah mencela seseorang secara langsung atau ga langsung. Nah, pasti nih sebagian dari setiap orang yang lagi benci, kesel atau dendam sama orang lain tapi ga bisa ungkapin langsung pasti aja ada yang suka ngungkapin lewat sindiran, atau malah kita yang kena sindir. Lalu, menyindir orang itu baik ga sih? Oke guys mari kita bahas!


Jadi, nyindir itu baik ga sih?
Lagi jamannya nih kegiatan sindir-menyindir antar temen, apalagi bagi anak sekolahan, biasanya sih kalo ada masalah tapi ga berani ngomong langsung ke orangnya ya langsung deh di sindir, belum lagi kalo punya geng, setiap ketemu orang yang bermasalah sama temennya itu pasti minta tolong sama temen se-gengnya buat nyindir. Hm. 

Sebenernya sih menurut opini aku kegiatan sindir-menyindir itu ada yang baik ada yang engga ya tergantung niat kita ajasih, kalo misalkan kita kesel, iri atau dendam sama dia terus kamu sindir niatnya buat buka kekurangannya dia atau menghasut temen-temen yang lain biar pada benci, kalo kaya gini mah ga baik banget dan dosa juga, kalo niat nyindir karna masalah begini ya udah ketauan banget kalo kamu sangat iri dan dengki sama dia.

Menyindir yang baik itu gimana ya? Yup, menyindir yang baik itu yang buat dia berubah atas sikapnya yang ga baik, yang ga nyakitin hati atau ngomong kasar, dan ga nyebarin aib dia kemana-mana. Tapi, daripada menyindir mending diomongin langsung karna belum tentu dia ngerasa kalo kamu nyindir dia, kadang ada orang yang cuek dan ga peka, ya mau nyindir sampe kapanpun juga ga bakalan ngerasa.

Menyindir dengan niat yang ga baik itu suka nyakitin hati orang, aku sering banget di sindir temen padahal gatau salah aku apa, dan aku juga ga pernah nyadar kalo orang itu nyindir aku karna aku cuek dan ga peduli sih, nah aku baru sadar kalo temen aku sering nyindir itu pas temen yang lain ngasih tau ke aku. Aku sakit hati banget lah orang aku ga ngelakuin kaya gitu, tapi malah difitnah ya pantes aja aku ga pernah ngerasa. Padahal aku mah ga pernah nyindir orang sama sekali, karna mamah ga pernah ngajarin aku ngelakuin hal yang buat orang sakit hati, tapi kenapa gitu ya aku suka di sindir orang tapi yaudah cuekin ajalah kalo dipikirin terus nanti stress. Sempet mikir juga sih, buat apa aku stress mikirin hal yang belum tentu mereka omongin itu bener, buat apa aku disini sedih tapi orang yang ngumbar kekurangan aku itu bisa bahagia?

Sebelum nyindir seseorang, mendingan kata-katanya disaring dulu bakalan nyakitin ga, atau cek dulu yang mau kamu sindir ke dia itu fakta apa cuma gosip semata? Ga enak kan udah ngasih sindiran tapi orangnya ga ngerasa? Berasa ngomong sama tembok. Mendingan ngomong langsung aja deh biar pas, ga buang-buang waktu buat dia ngerasa dan yang pasti ini membuktikan kalo kamu pemberani dan ga munafik.

Kalo gamau di sindir, ya gausah nyindir oranglah. Punya masalah? Ya hadepin langsung ke orangnya atau di pendem sendiri, di ikhlasin dan dimaafin kalo sikapnya yaa ga parah-parah amat sih, kalo sikapnya parah ya diomongin baik-baik biar dia berubah. Takutnya kalo nyindir nanti buat dia sakit hati, lama-lama jadi depresi karena merasa dikucilkan sama temennya. Setiap kata yang terucap di mulut kita itu selalu di catet sama malaikat dan bakalan dimintai pertanggung jawabannya nanti di akhirat. Daripada nyindir yang buat orang sakit hati mending diomongin baik-baik kan.

Belum tentu orang yang kamu nilai buruk atau yang di gibahin kamu terus itu lebih baik daripada kamu. Bisa jadi orang yang selalu kamu omongin itu lebih mulia di mata Allah daripada kamu. Don't judge someone by their looks.

sumber



You May Also Like

2 comments

  1. Mulutmu harimaumu :') hmm suka sedih kalau disindir" gtu. . Kenapa ndak ngomong baik" ajaa yak ndak usah pakai sindir"an . . Kan menyakiti hati org lain. . Makasih sharingnyaaa mbaak, salaam kenaal 😁

    ReplyDelete
  2. @Lucky Caesar : Iyaa nyakitin hati banget mba. Okeey salam kenal jugaaa:)

    ReplyDelete