Sesuatu yang Berlebihan itu Tidak Baik

by - 09:12

Assalamualaikum wr.wb

Sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik karena merka mempunyai porsinya masing-masing yang telah ditentukan. Lebih baik menggunakannya dengan cukup agar apabila porsinya kurang kita akan miskin seperti miskin ilmu, miskin harta, miskin hati dan apabila kita menggunakannya terlalu banyak akan menjadi serakah. Segala sesuatu yang berlebihan akan merugikan orang lain bahkan diri sendiri.

Everything Has Their Portion 
Semuanya memiliki porsinya masing-masing, apabila berlebihan akan berdampak negatif, hmm apa saja contohnya?

1. Kelebihan materi, akan membuat kita menjadi serakah, sombong, menghambur-hamburkan uang, bersifat riya bahkan berfoya-foya, hingga lupa diri dan sering menganggap rendah orang yang miskin. Many of people said, "Money isn't everything" but the facts said, "We can have everything by money" yes, it is true and it is thought of the people nowadays. Yups, dengan uang kita bisa masuk sekolah bergengsi padahal nilai tidak mencukupi, kita tidak bisa bekerja tanpa 'orang dalem' terlebih dahulu, bahkan dengan uang orang benar disalahkan tetapi orang salah dibenarkan, and many more i can't mention it one by one. 

Cukup kita perlu menahan diri kita dari sifat serakah menjadi rendah hati dan berpenampilan sederhana sehingga tidak perlu menampilkan bahwa kita itu kaya akan materi, biarkan saja orang lain yang menilai.

2. Kelebihan ilmu, singkat cerita, aku pernah punya temen yang pinter banget tapi sayangnya dia sombong dan selalu mau ngobrolnya dengan orang yang pinter juga, bahkan sangat pelit ilmu apabila aku dan teman lainnya bertanya. It's really hurts, so arrogant. Bahkan aku pernah ketemu orang yang pintar sekali tapi dia lupa diri dan tidak ingin berdoa dan beribadah karena dia berpikir buat apa beribadah kalo dia sudah mempunyai banyak kelebihan ilmu? Buat apa dia meminta? Aku langsung menjauh.

Jika kita diberi kelebihan ilmu, sebaiknya ajarkan kepada orang yang masih kekurangan ilmu sebab semakin banyak kita mengajarkan seseorang maka ilmu kita semakin bertambah dan tentunya semakin pintar dan banyak bersyukur. Jangan kaya temen aku, gamau ngajarin orang lain karena biaya les mahal dan takut rugi.... 

3. Kelebihan makan,  makan makanan berlebih sangat tidak dianjurkan karena akan menyebabkan obesitas dan perut menjadi begah, penyakit pun akan mudah berdatangan. Seperti contohnya bocah berumur 10 tahun (Arya) mengalami obesitas hingga berat badan 192 Kg. Ia tidak bisa sekolah, tidak bisa tidur telentang, selalu kepanasan.  Nah, makanya jangan makanan berlebih yaa, inget sunah rasul adalah "Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang".

4. Kelebihan belajar, belajar berlebihan juga tidak baik, karena cenderung akan menyebabkan stress, jenuh dan kepala pusing. Antara belajar dan bermain harus bisa di manage waktunya. Yaah ada waktu disaat kita harus belajar, bermain, istirahat, dll jadi harus bener-bener pinter membagi waktu.

5. Kelebihan bermain game, waduh! kalo udah main game rasanya selalu pengen lagi pengen lagi sampai lupa waktu. Kalau sudah kecanduan memang susah untuk dihilangkan, apalagi rela bermain game tanpa memikirkan kalau besok akan ulangan, ada pr bahkan kegiatan lainnya hingga esoknya akan keteteran. 

Sebaiknya sih kalo bermain game ya sewajarnya aja dengan alasan untuk menghibur atau menenangkan pikiran jika sedang stress. Kalau bermain terus menerus kamu akan rugi waktu yang seharusnya dipakai untuk hal yang bermanfaat. 

Hmm yaa intinya kita tidak boleh sombong serta riya apabila diberi kelebihan hal oleh Allah, sebaiknya dibuat untuk hal-hal kebaikan dengan penuh ke ikhlasan. Jangan berbuat baik demi dipuji dan dihormati oleh orang karena akan menyebabkan semua amalanmu itu sia-sia.

   

You May Also Like

0 comments