Ga kerasa ya udah lebaran...

by - 10:17

Assalamualaikum wr.wb.

Udah sebulan puasa, aku juga ga kerasa udah sebulan puasa ngepost blog. Pengen banget ngeblog tapi gaada kuota hmm emang ga modal banget, sekarang baru aja dibeliin kuota, lumayanlah buat selingan liburan.

Ramadhan kali ini bener-bener berkesan deh walaupun aku gaikut acara bukber, yap selama sebulan ini aku emang buka puasa selalu di rumah aja bareng keluarga. Ga ikut acara bukber KBRR, bukber acara ulang tahunnya Maul, acara bukbernya 8A, eh tapi aku ikut acara bukbernya 9B ko di Pendopo Rumah Dinas Bupati alias rumah dinasnya bapanya Bejah. Disana asik deh ketemu temen-temen 9B yang udah pada beda sekolah yaa walaupun banyak yang ga dateng tapi gapapa lah ya.

Apa yang berkesan?
Ramadhan taun ini tergolng emang berkesan sih, aku ngejalanin ramadhan dan pesantren kilat pertama kali di sekolah baru. Pertama itu emang lemes banget 3 hari bebas ga ngapa-ngapain di kelas eh tiba-tiba ada pengumuman pesantren kilat selama 9 hari dan harus di tes ngaji dulu, jadi ntar dikelompokkin kelasnya sesuai kemampuan bisa ngajinya yaitu kelompok satu yang udah fasih baca Al-Quran nya dan bisa nentuin panjang pendeknya, yang kelompok dua itu kemampuan ngajinya taraf sedang, dan kelompok 3 yang masih belum bisa ngaji. Alhamdulillah aku dapet kelompok 1 dan ditempatin di kelas 1G.

Aku, Dian, Nana, Ganis, Maul, Naya, Zuhri, Risya, Helmi, Naufal dan Sherin dari sekelas yang masuk kelas 1G dan di bimbing oleh Mrs.Yulia. Jujur aja aku kira Ms. Yuli itu jutek dan galak eh ternyata pas udah tatap muka duh auranya adem pisan, ramah, baik banget dan solehah. Dia bener-bener ngebimbing dan ceritain pengalamannya sampe aku bener-bener tersentuh banget dengernya.

Ms.Yulia bilang kalo ngebaca Al-Quran itu harus dibaca artinya dan dipahami agar tau maknanya, sebenernya emang bener juga sih, kalo ngaji terus tanpa tau maknanya ya percuma dong, dapet pahala emang pasti kalo ngaji walaupun masih belum bisa bacanya dan masih ngeraba-raba juga pasti akan dapet pahala tapi kalo disertai membaca artinya pasti akan lebih baik.

Setelah di telaah dari surat Al-Fatihah sampe surat Al-Adiyat eh bener-bener kerasa dalem banget dan jleb banget di hati, gatau kenapa walaupun suratnya pendek-pendek tapi ternyata maknanya bener-bener dalem dan pas banget. Ya pokoknya susah diungkapin deh, aku aja sampe cepet-cepet beli Al-Quran praktis dengan terjemahan pake uang sendiri saking pengen baca terjemahannya. Soalnya selama ini aku cuma ngaji huruf arabnya doang gapernah baca artinya sama sekali padahal itu penting banget.

Di bagian bacaan solat mana sih yang termasuk doa?
Yup, sebagian dari kita pasti sering banget solatnya asal-asalan seperti bacaannya di cepet-cepetin biar bisa bales bbm atau line dari temen apa doi ya sebagainya deh padahal solat itu lebih penting, aku emang sih masih cetek dalam ilmu agama gitu jadi aku mau saling nasehatin ajasih.

Bagian bacaan mana sih yang termasuk doa? Pasti banyakan dari kalian jawabnya itu pas sujud terakhir atau ga pas sebelum salam deh. Ya itu juga termasuk tapi ada lagi yaitu....duduk diantara 2 sujud. Loh kok? Yaiyalah nih coba aku kasih artinya...

Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii

"Ya Allah, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku dan cukupkanlah segala kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku, dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku"
   
Sudah jelaskan artinya? Secara kamu ga sadar sebenernya kamu udah berdoa pas lagi solat, dan terkadang kalian malah nyepelein gerakan solat dan bacaan ini pas solat, padahal bacaan ini adalah salah satu doa, Ya Allah ampuni aku, cukupi segala kekuranganku, angkatlah derajatku, beri aku kesehatan, rezeki dan petunjuk. Itu semua lah yang kita inginkan dalam hidup kita ini. Jadi kalo solat jangan buru-buru ya. Saling ingetin aja kok, aku juga baru tau diumur aku yang ke 16 taun ini, sebelumnya juga aku suka nyepelein hehe.

Banyakin dzikir
Ms. Yulia juga berpesan agar perbanyak dzikir dengan menyebut asma Allah. Kita banyakin dzikir deh terus berdoa. Nih realitanya di dunia sekolah, kalo kita lebih banyak meminta nilai besar sama guru "Bu guru, aku mau dapet nilai 100" minta terus tapi ga dibarengin usaha ya percuma dong, ya mendingan banyakin belajar nanti lama-lama juga dapet nilai besar. Sama halnya dengan dzikir, kalo kita banyakin usaha, beribadah dan berdzikir insya Allah nanti keinginan kita terkabul kok.   

Besok pagi kita akan merayakan hari idul fitri yeaayy!!! Cukup sekian sekilas tentang pengalaman aku yaa semoga aja berguna.

Mohon maaf lahir batin yaa semua yang baca ini ^^ 
 

You May Also Like

0 comments