Kunjungan ke SLB dan Panti Jompo

by - 09:11

Assalamualaikum wr.wb.

Helloo gaes, saatnya gue mau ngepost tentang pengalaman gue with kelas X-CI Akselerasi gen 5 dan X-CI Enrichment gen 3 SMAN 6 Kota Cirebon ke Panti Jompo Siti Khodijah dan SLB Beringin Bhakti yang ada di daerah Cirebon. Penasaran kan pengalamannya apa aja? Lets go kita baca!

Panti Jompo Siti Khodijah
Yup! Kita mulai yang pertama kita bahas adalah kunjungan ke Panti Jompo Siti Khodijah yeee! Panti Jompo Siti Khodijah ini letaknya di daerah Jl. Cipto Mangunkusumo, letaknya ada di gang terpencil belakang kuburan China. Disana saat gue sampai, para lansia sudah pada menyambut kedatangan kami lohh. Mereka semuanya berjenis kelamin perempuan, mereka sudah duduk rapih menunggu kedatangan kami. Semua murid bersalaman dengan para nenek-nenek yang sudah duduk berjejer rapih.

Wiii udah duduk berjejer rapih nih!

Abis salaman, gue bingung sebenernya mau ngapain lagi, gue kira bakalan langsung pulang #EBusetDah hahaha eh ternyata semua murid disuruh mengajak ngobrol nenek-nenek tersebut. Aku bingung sebenernya mau ngajak ngobrol siapa, banyak nenek yang nangis huhu aku jadi terharu :')

Gue memutuskan untuk ikutan Aulia buat ngajak ngobrol 2 orang nenek di paling pojok. Pas gue salaman, nenek itu malah nangis, gue coba bertanya pada beliau.

"Nenek kenapa nangis?"
"Nenek bahagia sekali ditengok kalian." Jawabnya,


Gue gabisa berkata-kata lagi, dipikiran gue sepintas inget sama nenek gue dan orang tua gue, kok bisanya ya orang tuanya yang sudah tua malah ditelantarin sama anaknya? Gue sempet bertanya-tanya dalem hati. Kenapa sih orang tua dulu ngandung anaknya 9 bulan lamanya, disuapin kalo makan, dimandiin, dicebokin, giliran orang tuanya udah tua, bau, cerewet kebanyakan anaknya malah risih dan males ngurus jadi orang tuanya dimasukin ke panti jompo deh, kan kasian banget ga sih hidupnya kayak tersiksa dan tekanan batin terus. Gue mikirin terus sampe akhirnya air mata gue jatoh.
Tuh gue lagi ngobrol sama nenek yang pake kerudung merah><
Gue mulai ngajak bercanda nenek itu bareng Aulia, nanyain tentang cucunya, suaminya, keluarganya, anaknya, dll sampe-sampe gue terharu banget denger masa lalu-nya, masa dimana saat beliau remaja dan bertemu dengan suaminya. Beliau sudah berumur 65 tahun pas banget sama umur nenek gue dan punya cucu 13 juga sama kayak nenek gue. Nenek yang pake kerudung putih sebelah nenek yang berkerudung merah beliau udah rada pikun btw, dia gatau umurnya berapa. Kata nenek yang disebelahnya sih umurnya sekitar 85 tahunan subhanallah semoga panjang umur ya nek!

 Huhu gue dielus-elus tangannya udah gitu nenek itu doain gue semoga segala cita-cita yang gue impikan bisa terwujud. Subhanallah gue seneng banget di doain sama nenek ituuu, gue bahagiaa banget semoga terkabul ya Allah aamiin.

Berfoto bersama^^ So sad muka guenya ketutupan Kanaya:(

Yeee bisa foto bareng-barengg, gue seneng dan bersyukur sekali bisa diterima dikelas CI walaupun kelas CI Enrichment jugaa tapi gue ga peduli, gu tetetp bersykur karna semenjak gue masuk kelas ini, gue punya banyak pengalaman berharga sekali. oke skip kita lanjut.

Sehat-sehat ya nek! Jangan sedih teruss:)
Saatnya kita pulang dan melanjutkan perjalanan ke SLB Beringin Bhakti di kabupaten Cirebon. Dadah nenek, kapan-kapan insya Allah kita mampir lagi yaa! Doain kita semua ya nek biar cita-cita kita tercapai. Sehat-sehat ya, nek. Jaga diri baik-baik^^


SLB Beringin Bhakti
Setelah berkunnjung ke Panti Jompo, saatnya rombongan anak CI aksel dan enrich melanjutkan perjalanan ke lokasi kedua yaitu Sekolah Luar Biasa Beringin Bhakti yang ada di salah satu daerah kabupaten Cirebon yaitu di Desa Kepongpongan Kec. Talun.

Ini dia panti asuhannya, disebelahnya baru sekolahnya^^
Disana gue liat banyak sekali anak yang serba kekurangan. Disana terdiri dari tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, dan lain-lain. Gue kira anak-anaknya bandel loh, eh ternyata pas masuk sekolahnya, widihhh  gue disambut sama murid-murid disana dan banyak yang minta kenalann omeygatt gue terharuu, mereka semua ramah dan gaada yang nakal yaampunn prasangka gue salah terhadap mereka astaghfirullah.

Gue pertama kali ke kelas SLB disana itu kelas dapur buat masak-masak, disana pada pinter masak loh. Gue jadi sedih, gue yang normal dan sempurna gini aja masa kalah sama mereka:( Mereka punya semangat yang tinggi banget loh kawaan. Mereka semua pinter kok, pada pinter nyanyi, berkreasi buat bantal, jam, dan semacam lainnya, yang nyanyi apalagi lohh, widihh kerenn suaranya merduu banget.
Lagi belajar dikelas^^
Ah sayang banget, pengalaman gue yang paling berharga tuh dikelas dapurrr:( Tapi gaada fotonya coba, disana gue, Aulia dan Krista nyanyi lagu yang judulnya Laskar Pelangi ditengah-tengah mereka. Semuanya seneng bangett wajahnya, gue makin bersemangat aja nih hehe.

Gue mengunjungi banyak kelas disana. Gue keceplosan bilang "De" ke anak kelas 6 padahal umurnya seumuran gue masa:( Yaampun mereka semangatnya tinggi banget ya buat belajar dan bersekolah. Aku juga ke kelas penjahit disana aku liat udah pada dewasa, aku nanya kelas dan umurnya, rata-rata umurnya udah 25 tahun tapi masih kelas 10-11 an subhanallah aku kagum banget sama mereka. Mereka kreatif bangett, bikin bantal yang gambarnya doraemon, minion, smile dan gambar kartun yang unyu lainnya dehh aku suka banget, banyak yang mesen lagii. Harganya Rp 20.000 an kok.

Saatnya yang terakhir, kelas yang gue kunjungi adalah kelas untuk tuna netra. Disana muridnya rata-rata berprestasi dalam bernyanyi. Apalagi kalau mereka bersenandung sholawat uhh bikin gue meleleh kalo dengernya, mereka merdu banget suaranya. Ada salah satu anak entah namanya siapa, dia tuna netra tapi dia juara tingkat provinsi lomba nyanyi, tapi sayang banget di tingkat nasionalnya dia belum juara.  Mau tau gak anaknya? Tuh yang paling pojok yang lagi dirangkul sama guru. Cantikkan ya??

Berkunjung ke kelas Tuna Netra
Gue kenalan sama salah satu anak tuna netra namanya Winda, tuh anaknya yang pake baju putih merah paling depan/pinggir ya posisinya, ya pokoknya itudeh. Gue ga sengaja keceplosan and then,

"Hallooo nama kamu siapa?" Aku nanya,
"Aku Winda"
"Aku Elsha lohh. kamu kelas berapa?"
"Kelas 4"
"Kamu sering dijemput sama mamah ya kalo pulang?"
"Mamah papah udah gaada, aku tinggal di panti"
"Oh,iya Winda aku minta maaf ya"

Astaghfirullah, gue ga nyadar secara ga langsung gue bikin dia sedih pasti. Tapi aku bercandain ajadeh biar dia ceria lagi. Okedeh kita lanjut! Anak tuna netra biasanya kalo belajar pake alat yang namanya Braille, coba cek google kalo mau tau barangnya kayak apa, gue lupaa ga banyak foto-foto disana huh so sad:( Kata pa gurunya, mereka belajar pake kertas bekas. Jadi buat siapapun yang baca ini, tolong dong kalo yang punya kertas bekas daripada mubazir mending dikasih ke SLB aja soalnya katanya bermanfaat sekali untuk mereka. Thanks.

Akhirnya setelah beberapa lama kemudian, kita semua disuruh pulang deh. Yahh aku sedih banget ninggalin mereka. Tapi, aku bahagia sekali dan semakin bersyukur pada sang pencipta ini.

Pelajaran yang gue ambil dari kunjungan pertama yaitu dari Panti Jompo :
Gue harus berbakti dengan orang tua walaupun udah tua nanti, gue liat disana mereka menderita, mereka butuh kasih sayang dari anak dan cucunya, mereka cuma ingin diberikan waktu sebentar aja untuk bercerita dengan anak dan cucunya. Plis, bagi siapapun yang baca ini, tolong rawat orang tua kamu, berbaktilah, surga ada di telapak kaki ibu. Walaupun kamu mengeluarkan amal sampai berjuta-juta, solat beratus-ratus rakaat, mengaji hingga beribu-ribu ayat tapi kalau tidak berbakti dengan orang tua, Allah gaakan ridho siapapun itu untuk masuk kedalam surga-Nya.

Pelajaran yang gue ambil dari kunjungan kedua yaitu dari Sekolah luar biasa :
Manusia diberi akal dan budi. Manusia merupakan mahluk sempurna dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi kita yang diberi anggota tubuh yang sempurna, jangan pernah mengeluh, jangan terus melihat kelangit, cobalah lihat ke bumi. Disana, masih sangat banyak orang yang lebih menderita daripada kita. Mereka tidak pernah mengeluh dengan segala kekurangannya, sedangkan kita yang memiliki tubuh sempurna? Hanya bisa mengeluh dan berangan-angan, menggunakan anggota tubuh yang Allah karuniai ini untuk hal yang tak berguna. Cobalah untuk terus bersyukur, kita bisa melakukan apa saja yang kita inginkan dengan tubuh kita yang sempurna ini. 

Sekian ya dari gue. Sampe nangis gue bikin tulisan ini, semoga kalian tetep bersyukur ya! Semoga dari tulisan saya ini adalah perantara Allah untuk kalian supaya lebih bersyukur. Aamiin.

You May Also Like

0 comments