Tips Anti Malas Ketika Belajar

by - 22:08

Assalamualaikum wr.wb.

familymozlemjakarta.blogdetik.com
Sebagai pelajar, kita selalu aja dikejer-kejer sama tugas, ulangan, presentasi, hapalan, bla bla bla udah gitu kadang tugasnya deadline besok harus dikumpulin huft cape deh. Biasanya hal seperti ini yang memicu adanya rasa 'Malas Belajar' hmm.. Apa aja sih penyebab males belajar? Terus cara ngatasinnya gimana? Yuk kita baca sampe bawah....

                                                          Penyebab malas belajar
Malas belajar banyak pemicunya, padahal tugas harus deadline besok dan rasanya itu malesss dan emang ga niat aja buat ngerjain, selain itu pemicunya ada lagi, yaitu :


Ga ngerti sama materinya
Duh ini pengalaman aku banget, kadang kalo guru udah jelasin aku suka ga ngerti, ntah emang otak aku yang kurang pinter, aku nya yang ga perhatiin apa emang gurunya ya yang ngerti sendiri aja*eh. Ya pokoknya intinya sih gitu, jadi kalo misalkan gurunya ngasih tugas tapi materinya ga ngerti, lah gimana mau ngerjainnya?


Suka nyepelein waktu
"Duh ini tugasnya dikumpulin minggu depan kan? Ntar aja ah ngerjainnya" atau..."Duh udah malem nih, males ngerjainnya, ntar pagi aja ah jam 3 pokoknya harus bangun" Dan jeng jeng! ketiduran dan ga bangun deh #PengalamanPribadi trus... "Besok nyontek aja ah ke temen, datengnya pagi-pagi biar bisa nyontek" Alesan everywhere hahaha jujur aja ya ini pengalaman pribadi aku dan emang kalo kaya gini terus, banyak alesan terus ternyata pemicu males belajar.


Mainan gadget terus
Hmm...Besok ulangan, ada tugas dan tugasnya harus buka google, eh niatnya sih pengen nyari bahan materi malah pas buka hp yang dibuka malah facebook, twitter, bbm, line, instagram, de el el. Duh  yang kaya gini emang bikin males ngapa-ngapain, yang ada pengennya apdet status, chat bareng temen atau gebetan dan ngestalking orang.


Lingkungan yang kurang mendukung
Nah, faktor lingkungan juga jadi pemicu males belajar. Biasanya kalo kita belajar dikasur yah yang ada bukan belajar malah ketiduran. Belajar di meja belajar, di depannya ada mainan misalnya boneka, yaudah bukannya fokus malah mainan. Yaa pokoknya masih banyak lagi faktornya.


Pesimis
Nah, pesimis ini sering muncul kalo kita ga ngerti sama materi yang udah kita pelajarin. Biasanya kita cepet putus asa, pura-pura ngerti padahal sihh ga ngerti haha, ga mau usaha duluan maunya langsung pasrah aja. Nah yang kaya gini nih pemicu males belajar.


Ga punya niat
Segala sesuatu Insya Allah akan berhasil kalau dibarengin dengan niat. Nah, untuk belajar pasti ada prosesnya. Dalam belajar, hal yang terpenting itu adalah prosesnya, bukan nilai gede. Kalau kita punya niat untuk berhasil mengejar cita-cita pasti kita akan selalu giat belajar, nah kalau kita ga punya niat sama sekali? Gimana masa depan kita? Cuma angan-angan aja? Biasanya kalo emang ga niat, kita akan selalu males belajar, bisanya main game, jalan-jalan, males-malesan dikasur, tidur mulu, dll.




                                                 Cara supaya lebih fokus belajar
Setelah kita membahas tentang pemicu rasa malas belajar, saatnya aku memberi tips supaya ga males belajar lagii, yee! Apaa aja yaa?

Ngaku kalo masih ga ngerti
Biasanya kalo guru jelasin, kita masih kurang paham sama materinya. Nah, biasanya kalo guru abis nerangin, dia pasti nanya "Ada yang ingin ditanyakan?" Nahh inilah kesempatan kamu buat bertanya, kalo misalkan malu mau nanya sama guru, coba deh nanya ke temen, sahabat atau kaka kelas yang emang jago di bidang itu sampe bener-bener ngerti.

Jauhin gadget!
Nah, gadget ituu paling susah buat dijauhin. Tapi kita harus ada niat untuk rajin belajar jadi harus jauhin gadgetnya yaa ketika belajar. Bisa disilent biar ga bunyi, di nonaktifin, diumpetin jauh dari kita, dll. 

Cari lingkungan yang kondusif
Nah, faktor lingkungan memang memicu ada nya malas belajar, untuk mengatasinya, coba deh atur meja belajarnya, rapihkan dan bersihkan dari segala hal yang menggangu, cari suasana yang sepi atau bagi yang cara belajarnya audio, bisa dengan sambil mendengarkan musik. Jangan belajar dikasur yaa, ntar malah tidur hehe.

Kerjain tugas sebelum waktu deadline
Nahh, kerjain tugasnya sebelum deadline supaya pas hari besoknya kita bisa nyantai, bisa jalan-jalan dan ngapain aja sesuka hati.

Buat slogan untuk diri sendiri
Bikin slogan dan tempel didepan meja belajar kamu, atau dikamar atau didepan pintu deh terserah, pilih kata-kata yang selalu kita termotivasi untuk belajar dan meraih cita-cita. Slogan sih maksudnya apa? Nih slogan tuh kaya kata-kata pendek yang membuat kita termotivasi dan tertarik contohnya 'No pain No gain', 'No Sweet Without Sweat', 'What you think What you are' dan masih banyak lagi deh.

Punya niat
Niatin dalam hati kalo kita harus rajin belajar, harus sukses, harus bisa banggain orang tua. Nah dorongan dari niat itu biasanya rasa males belajar kita akan hilang.

Optimis
Ga boleh putus asa, harus optimis. Awal yang baik akan berakhir dengan yang baik juga, awal yang buruk akan berakhir buruk juga. Aku dapet slogan dari guru aku yang bunyinya 'What you think What you are' maksud dari slogan ini berarti, apa yang kita pikirkan tentang diri kita, berarti itu adalah diri kita yang sesungguhnya. Ada slogan lagi yang bunyinya 'No sweet without sweat' yang artinya, segala sesuatu untuk mencapai manis nya hidup semua pasti pernah mengalami masa-masa kegagalan dan berjuang dengan penuh keringat. Okedeh, intinya kita gaboleh putus asa, harus berusaha dan berpikiran positif. Oke?

Okee, sekian ya tips dari aku semoga bermanfaat dan jangan males belajar lagi yaa. Sebenernya ini adalah salah satu dari pengalam aku sendiri dan tips nya juga sebagian dari aku, sebagian aku liat dari www.kawankumagz.com   Terima kasih sudah berkunjung. 

Pict by :  familymozlemjakarta.blogdetik.com

You May Also Like

4 comments

  1. tengkiu tipsnya yak, nnti dioraktekin kalau lg malas bljr seo, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. okesip sama-sama:) Makasih udah berkunjung yaa..

      Delete
  2. Replies
    1. aku seneng banget blog aku dikomentar sama ka titi^^ Makasih ya kaa

      Delete