Terkadang Balas Dendam Juga Perlu

by - 08:59

Assalamualaikum wr.wb.

Ketika kita dikelilingi oleh banyak masalah karna ada seseorang yang berulah. Ketika kita disakiti orang lain dan apapun masalahnya itu, seringkali terasa emosi seakan-akan terpupuk lama hingga ga menyadari apa yang dirinya telah perbuat, rasanya seperti pengen menghilangkan seseorang itu dari hidup kita. Pengen bales semua apa yang orang tersebut lakuin ke kita sampe bikin kita sakit hati. Hal ini biasa disebut balas dendam.

Bales dendam juga perlu loh. Pasti setelah baca ini banyak orang alim yang heboh hahaha ayoo baca dulu sampe selesai. Kalo menurut aku, bales dendam itu ada 2 macam, yang pertama positif dan yang kedua adalah negatif.

Kalian pasti bisa nyimpulin sendiri lah ya bales dendam yang negatif seperti apa. Kalo belum ngerti aku jelasin. Bales dendam yang negatif itu yang jelas banget ga boleh alias dilarang banget karna ini membahayakan orang lain seperti membunuh salah satunya bahkan menculik, memperkosa dan masih banyak lagi. Ini sangat-sangat dilarang. Jadi kalian harus menghindari bales dendam yang seperti ini. Dosa berat.

Kalo yang positif apa aja? Emang tetep boleh bales dendam? Gimana caranya? Gini nih, bales dendam yang positif itu dimana kita merasa disakitin orang lain tapi kita bales orang itu dengan cara :

1. Kesuksesan
Ketika kita merasa sakit hati, ntah itu di remehkan, dipermalukan, atau masalah apapun itu kita gausah kebawa sama emosi banget. Pokoknya tanem aja di dalam diri kamu sendiri "Saya harus sukses" jangan lupa belajar, berusaha, berdoa dan berikhtiar dengan rajin dan lebih 'Sangar' dari kemaren. Kamu harus lebih sukses dari mereka yang menyakiti kamu, pasti deh kalo kamu udah sukses mereka bakalan iri sama kamu.

2. Intropeksi Diri
Coba deh kamu tanya ke diri sendiri, kenapa sih aku disakitin kayak gini? Kalo udah tau jawabannya, ayok rubah diri kamu, intropeksi diri kamu mana yang salah. Kalo penyebabnya karna kamu ga pinter ayo kamu harus rajin, belajar dengan tekun dan buktikan lagi, anggep aja ejekan mereka itu sebagai motivasi. 

Kalo penyebabnya karna kamu kurang menarik? Ga cantik? Ga cakep? Wah tuh orang liat fisik banget ya. Everyone is beautiful or handsome in their ways. Soal fisik itu relatif, gausah dipermasalahkan banget. Pernah nonton Crazy Little Thing Called Love? Tuh cewe yang tadinya jelek banget dan dia ada keinginan untuk merubah diri demi cowo yang dia suka, akhirnya dia jadi cantik banget dan pinter lagi. Banyak kok yang kayak gitu, jadi intropeksi diri dan rubah menjadi lebih baik.

3. Bahagia
Yaps bener, bahagia adalah cara bales dendam yang positif. Oke aku mau cerita, ini kisah dari salah satu akun line tapi aku lupa apa namanya. Singkat cerita, ada pasutri dimana si suami minta cerai ke istrinya karna masakannya ga enak dan sering ngejek kalo istrinya gabisa masak, udah deh cerai. Akhirnya si istri selalu belajar biar masakannya enak, dia akhirnya berhasil buat makanan yang enak dan disukain banyak orang, akhirnya dia buat restoran dan udah ternama banget di negara itu, laris lagi. Itu semua membuat sang suami nyesel setengah mati hahaha aku ketawa aja baca cerita ini. Akhirnya si istri itu makin bahagia atas usahanya dan berhasil bales dendam ke suaminya. 

Intinya kita ga boleh keliatan sedih terus di depan orang apalagi di depan orang yang nyakitin kita, toh malah makin seneng dianya liat kamu makin terpuruk. Kamu harus lebih bahagia dengan hidup kamu kalo belum ya harus usaha lagi biar bahagia.

Terkadang kita dipertemukan sama orang yang jahat dan menyakiti hati itu ternyata ada hikmahnya, berarti Allah sayang ke kita, Allah pengen kita punya motivasi yang tinggi untuk merubah hidup jadi lebih baik tapi dengan cara yang bener, Allah pengen kita ga di titik itu aja tapi kita harus naik ke tingkat yang lebih tinggi. Semua masalah, tangisan, sakit hati, itu semua ada hikmahnya.

Ketika aku curhat sama sahabat tentang masalah aku, dia ngasih quote bagus, kata-katanya :

Semakin kau disakiti, semakin kau di dzalimi, semakin prasangka buruk diarahkan padamu, semakin kau dijatuhkan. Semakin itu pula Allah pindahkan dosamu kepada yang menyakitimu, lalu doa mu maqbul, dan semakin itu pula kau melesat, karena Allah akan angkat derajatmu, asal satu tugasmu :
Sami'na wa atha'na. Taat 

Sekian.
sumber

You May Also Like

0 comments