Tidur siang berbahaya kah?

by - 09:08

Assalamualaikum wr.wb.

Setelah lelah beraktivitas dari pagi membuat mata rentan ngantuk dan membutuhkan tidur sejenak untuk membuat badan menadi lebih rileks. Ketika siang hari adalah waktu dimana seseorang rentang mengantuk, tak jarang seseorang melakukan tidur siang jika memiliki waktu untuk tidur dan ada juga orang yang memaksakan untuk tidak tidur dengan mencari cara supaya mata tidak mengantuk. Tetapi, tidur siang memiliki batas waktu tertentu yaitu hanya 28 menit atau bisa dibilang setengah jam. Apabila tidur lebih dari setengah jam maka akan timbulah penyakit. Penasaran? Yuk kita baca sampai bawah!

Akibat dari tidur siang
Tidur siang biasanya memberikan tambahan energi dan membuat kondisi tubuh kita menjadi lebih normal. Di samping ada kelebihan ternyata kekurangannya lebih banyak daripada kelebihannya. Hmm... apa saja ya?

1. Beresiko besar penyakit diabetes
Orang yang suka tidur siang dalam jangka waktu yang panjang akan beresiko tinggi terkena diabetes. ditemukan hasil penelitian dari the journal sleep medicine bahwa tidur siang memiliki efek pada tubuh tergantung lama waktu tidurnya.

www.klikdokter.com

2. Penyakit demensia
Penyakit ini akan menyerang anak muda yang sering melakukan tidur siang. Penyakit demensia adalah penyakit biasanya diderita oleh kaum lansia yaitu penyakit alzheimer yang ditandai dengan perubahan daya ingat, berpikir serta mengontrol emosi.

3. Menurunnya mental
Terlalu banyak tidur menyebabkan mental seseorang menurun karena terlalu banyak tidur mempengaruhi siklus hidup seseorang secara keseluruhan.

4. Meningkatkan berat badan
Berat badan cenderung akan meningkat apabila sering melakukan tidur siang karena energi yang tersimpan dalam tubuh akan berubah menjadi lemak.

5. Bingung dan pusing
Tidur siang membuat orang cenderung pusing dan kebingungan ketika bangun karena siang hari bukan lah waktu yang tepat untuk tidur.

6. Insomnia
Tidur siang menyebababkan insomnia. Insomnia sangat berbahaya untuk otak apabila terus menerus diderita. Karena siang bukanlah waktu tenang, sedangkan malam hari adalah waktu yang dibutuhkan tubuh untuk tidur.

Tidur siang boleh dilakukan asalkan memiliki batas waktu yaitu hanya setengah jam saja karena jika lebih akan berdampak buruk bagi kesehatan. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat!

Sumber :
makassar.tribunnews.com
americanpillo.com

You May Also Like

2 comments