Cara mengatasi malas belajar

by - 04:26

Assalamualaikum wr wb...

Waahh udah lama nih gue udah gak nge post lagi, huhu sibuk tugas banyak banget nih kelas 9. Tapi gapapa deh, akhirnya gue bisa nyempetin buat ngepost blog hehe. Kali ini gue mau ngebahas tentang "Cara mengatasi malas belajar" yup gue pengen nge share ini soalnya banyak banget nih temen gue yang udah mau ngehadepin ujian malah tambah males belajar, termasuk gue juga ngerasain, makanya semoga bermanfaat buat yang ngebaca ini ya!

Cara menghadapi rasa malas
Berikut cara mengantisipasi rasa malas belajar yang biasa dihadapi oleh para pelajar, antara lain :

1. Punya niat
Semua hal yang kamu lakukan dan rencanakan harus punya niat yang baik. Biasakan diri kamu berniat, misalnya besok kamu akan menghadapi ujian biologi, kamu pengen dapet nilai 100 nah dari situ kamu harus punya niat buat dapet nilai 100 harus belajar semalaman, menghafal, memahami cukup waktu 1 jam saja dan dilanjutkan nanti jam 4 pagi sambil nunggu solat shubuh. Lawan rasa malas kamu dengan niat kamu tersebut.

2. Merubah cara belajar
Biasanya kamu ini belajar atau baca buku cuma pas mau ujian aja kan? hehe sama kalo gitu. Eits gaboleh ditiru loh ya, lagian juga gue udah berubah #ekhem #gaadaygnanya #BHAY. Oke lanjut, jangan biasakan kaya gitu, biasanya otak malah nge blank kalo dipaksa menghafal materi sebanyak itu dan pas ujian tiba, jadi lupa semua deh, fatal! Jadi, kamu harusnya kamu membaca buku itu 2 hari sekali supaya pas sehari sebelum ujian tiba, kamu tinggal santai aja. Oh ya, yang biasanya cuma baca buku dan ngafalin doang, seharusnya dipahamin juga materinya biar gausah ribet-ribet lagi ngafalin banyak kalimat.

3. Sambil ngemil
Hmm...bosen banget belajar suntuk semaleman, nahhh cara baru buat ngatasin rasa bosen itu, salah satunya ngemil. Nyam-nyam udah lah kalo urusan ngemil gausah diomongin lagi dah, bikin semangat lagi. Perut kenyang otak kenyang juga, ya gak?

4. Refreshing
Otak lama-lama kalo ditumpuk bukannya malah bagus buat ngafalin malah tambah stress deh dan konsentrasi jadi buyar. Biasain belajar paling lama 2 jam atau yang umum ajadeh 1 jam, sisanya buat refreshing, misalnya traveling, pergi ke taman, menonton tv, mengaji, baca novel, dll.

5. Mengantuk
Nah, gue sering alamin nih lagi belajar tiba-tiba ngantuk. Biasain kalo belajar ngantuk harus cuci muka pake air yang dingin biar lebih fresh dan minum susu air hangat buat ngehindarin rasa ngatuk.

Oke cukup sampe sini postingan gua ya, emang biasa gue kalo ngasih tips cuma 5 haha ga sempet waktunya buat ngerjain tugas lainnya. Oke, kalian harus lawan ya rasa malas nya, harus punya niat kalo kalian harus bisa! harus sukses! harus banggain kedua orang tua! Sekian dan terima kasih yang udah baca.

You May Also Like

0 comments