Nyesel Ga Pake Zenius Dari Awal

by - 10:59

source

Dalam postingan ini, aku mau berbagi cerita tentang penyesalan-penyesalanku karna ga tau Zenius sejak awal. So, stay tuned!

Kenapa penyesalan selalu datang di akhir?

"Reward dalam belajar yang paling kuat itu bukan ketika kita dapet nilai 100 di sekolah, tapi ketika lo bisa bilang 'Gilak! gue ngerti banget konsepnya !!!' . " 

-WISNU OPS

Singkat cerita, sewaktu SMP dulu, aku ini orang yang bener-bener close minded. Kenapa bisa dibilang begitu? Karena sewaktu SMP aku ini selalu ngejer nilai bagus, tanpa harus memahami konsep dari pelajaran itu. Dulu, aku berprinsip kalo dapet nilai bagus dan dapet rangking 10 besar dikelas itu termasuk murid yang pinter. Terbawa lingkungan juga, akhirnya aku selalu belajar asal-asalan, belajar keras biar dapet nilai ulangan gede tapi bener-bener ga paham sama ilmunya, karena selama SMP tiap sebelum ujian dikasih kisi-kisi jadi aku cuma ngapalin materi dari situ doang, udah ketebak juga soalnya kaya apa dan bener deh aku dapet nilai yang cukup memuaskan bagi aku tapi setelah ujian yaudah lupa tuh semua materi. Sedihnya.

Aku juga udah ngerasa PD banget dapet nem tinggi dan masuk SMA favorit di kota Cirebon itu, tapi ternyata selama sekolah ngadain try out aku bener-bener kesusahan dan ga ngerti apa-apa sama soalnya, jadi nilai aku bener-bener anjlok deh pokoknya ga ngerti lagi, berbanding terbalik banget sama nilai rapot aku. Sampe temen-temen pada ga nyangka. Parah pokoknya. Sampe ujian nasional pun aku dapet nem yang pas-pasan banget sehingga aku gagal untuk masuk ke SMA yang aku mau pada saat itu.

Akhirnya aku masuk SMA yang terbilang favorit juga sih, tapi bukan pake jalur nem, tapi aku pake tes IQ. Awalnya aku daftar yang kelas akselerasi tapi gagal karena syarat masuk akselerasi IQ harus >130 dan tes akademiknya juga harus tinggi. Sedangkan aku, waktu itu skor IQ nya 129 jadi yang tes IQ hasilnya 125-129 masuk ke kelas unggulan aja dengan murid yang dibatasin yaitu 21 orang. Itu juga udah bersyukur alhamdulillah udah dapet sekolah.

Masuk SMA mulai deh ngikutin materi, disini aku stress banget karena susah ngikutin pelajarannya. Aku ga les juga jadi bener-bener kesusahan, gaada pendamping buat belajar. Akhirnya aku bener-bener ya pasrah, selama kelas 10 ya dapet nilai pas-pasan dan kelas 11 aku ingin berubah, mau lebih baik dan mau belajar dari kesalahan. Aku heran sama temen aku yang pinter banget-banget dikelas pokoknya, sekarang dia kuliah di ITB, pokoknya aku wawancarain dia dan cari seluk beluknya kenapa dia bisa pinter begitu, setiap dikasih soal matematika, fisika, kimia sesusah apapun itu pasti dia bisa ngerjain, bener-bener jago dah. Pada akhirnya aku dikasih sesuatu rahasia sama dia yaitu sudah pastinya dong situs zenius.net. Disini, penyesalanku pun dimulai.

Pas awal-awal, aku ga ngeh gitu sih sama situs belajar online zenius ini karena aku mikir "Ah, emang bisa ngerti ya belajar dari video doang, males ah." Wkwkwkwk maafin aku ya zen yang sudah meremehkan. Akhirnya lama-lama aku tuh bener-bener kepo banget dan akhirnya aku buka deh di pencarian web zenius.net disitu langsung dah takjub sama design webnya yang eye-catching sampe bener-bener buat aku penasaran hehe first impression emang cukup penting. 


Ini tampilan awal zenius yang baru, dulu itu templatenya dominasi warna item, tapi yang sekarang tetep bagus dan fresh gitu loh tampilannya. Suka pokoknya.

Akhirnya aku sign in buat jadi member zenius dan akhirnya pada saat itu aku mulai deh beli vouchernya di supermarket yang 3 bulan, beli kuota yang banyak juga. Awalnya, aku disuruh temenku buka konten video yang Zenius Learning supaya bisa merubah mindset aku yang bener-bener close minded dan supaya aku bisa ngerti sama konsep, ga cuma asal ngapal rumus aja. Akhirnya, aku turutin saran temenku itu, akhirnya buka deh dan Jeng! Jeng! 


Aku waktu itu liat bab-babnya aja udah wagelasih, sumpah ya kaya pertanyaan diri aku ini satu persatu mulai terjawab. Akhirnya aku sempetin buka videonya satu-persatu tiap malem sebelum buka materi. Pasti aja aku dapet wawasan baru dari konten tersebut dan akhirnya perlahan aku ngerti kalo belajar itu harus memahami konsepnya, bukan sekadar ngafal. 

Setelah itu aku babat habis deh video materi kelas 11 khususnya matematika sampe-sampe bener loh guys, aku bener-bener ngerti sama materi, tiap dikasih soal aku paham banget cara muter-muternya, dan aku ngerasa ini suatu keajaiban banget, aku dapet nilai gede pun dan ujian udah selesai materi masih nempel bahkan sampe sekarang otw semester 2 di bangku kuliah aku ngerjain materinya pun masih bisa hehe (sering nyoba-nyoba sih kalo gabut) walaupun mungkin ga sebisa dulu. Akhirnya semenjak itu temen-temen aku sampe pada heran, kok bisa sih sha yang setiap ulangan matematika selalu di remed sekarang dapet nilai tinggi terus. Oh ya jelas jawabannya adalah nothing impossible as long as I use zenius! Hehe. Semenjak itu aku promosiin zenius dan temen-temen pada make juga diem-diem wkwk.

Sumpah ya disini aku udah mulai throwback ke masa suram dulu setiap kali aku buka video zenius yang materi kelas 10 dalem hati suka nyeletuk "Yaelahhh ternyata segampang ini materinya, gini aja ko gabisa sih, sha." Wkwkwk sumpah ya aku nyesel banget ga cari tau dari dulu tentang zenius, kalo udah tau pasti gaakan suram dah. Kemana ajasi aku dulu wkwk. 

Selama SMA aku juga mulai ngerti yang namanya ngambis wkwk aku bener-bener ngambis buat naikin nilai rapot supaya bisa lolos SNMPTN wah pokoknya sampe gila sih aku dulu. Akhirnya, temenku yang pinter banget itu ngarahin aku supaya ga ngarepin jalur undangan yang belum pasti itu. Awalnya aku ngamuk wkwk aku ngeyakinin kalo aku bisa lolos jalur undangan pokoknya, aku males buat belajar SBMPTN serius. Pada akhirnya temenku nyuruh aku baca-baca artikelnya zenius, mungkin bisa ngerubah tentang mindset aku yang ngarepin SNMPTN itu. Akhirnya aku buka deh artikel zen satu-satu, nih aku kasih linknya, wajib banget kalian baca :





Akhirnya aku merubah prinsip aku yang dulu sangat ngarepin SNMPTN sekarang jadi ngejer buat SBMPTN. Pokoknya ya, selama kelas 12 aku bener-bener fokusin belajar SBMPTN, aku ngga terlalu belajar buat UN sih karena baca dari artikel zenius juga 99% murid lulus UN sedangkan ga sampe 13% murid yang lolos SBMPTN. Jadi dalam situasi yang genting seperti ini, kita emang harus paham mana yang harus di prioritasin. Akhirnya aku puas-puasin ngejer materi SBMPTN tanpa ngegubris UN tapi aku ga nyesel kok justru aku alhamdulillahnya peringkat 83 dari kurang lebihnya 600 murid di SMA aku ini hehe, emang bukan sesuatu yang dibanggakan sih tapi aku cukup bersyukur banget hehe, walaupun ga belajar serius buat UN tapi nilainya ga jelek-jelek amat. Tapi kalian harus bagus ya dik adik, jangan tiru kakak kelasmu ini hehe.

PENYESALAN KEDUA

Terkadang, ego yang besar emang ga baik. Singkat cerita ya, aku sejujurnya pengen banget masuk fakultas kedokteran salah satu PTN di Jogja, karna ego aku yang sangat-sangat besar, aku ini daftar SNMPTN cuma 1 pilihan, dan gagal kan tapi gapapa aku masih terlalu PD di SBMPTN. Kemudian, di SBMPTN juga di 3 pilihan itu aku daftar FK semua, padahal jelas-jelas di artikel zenius udah ngewanti-wanti, udah ngasih strategi garis keras agar kita lolos SBMPTN, tapi bener-bener ga aku ladenin. Di artikel zenius pernah ngasih tau strateginya :

"Lo milih pilihan pertama di SBMPTN itu yang lo mau, yang bener-bener lo pengenin, dipilihan kedua lo ambil pilihan yang ga jauh beda sama pilihan pertama tapi gradenya yang lebih rendah, pilihan ketiga isi yang sekiranya lo pasti lolos."

Akhirnya karna aku yang terbuai oleh nafsu yang menggebu-gebu dan keras kepala "gamau tau pokoknya harus FK titik!" akhirnya pas pengumuman SBMPTN aku gagal hahaha pengalaman terpahit seumur hidup sumpah. 

Akhirnya dengan segala penyesalan yang ada, aku berdoa minta dikasih petunjuk buat ditempatin di tempat yang terbaik. Dengan berbagai macam ditolak sana-sini akhirnya aku mencoba membuka hati untuk memilih jurusan yang diluar kedokteran, karna aku seneng sama pelajaran biologi, akhirnya aku memutuskan untuk daftar SM-SBMPTN UNY dengan milih prodi biologi, jadi aku cuma daftarin nomer SBMPTN aku dan gausah tes lagi, ini juga aku mepet banget daftarnya dan alhamdulilah aku diterima, selain itu aku juga diterima di Teknik Kimia UNDIP tapi karna aku ngerasa passionnya di biologi, jadi aku memutuskan milih Biologi UNY.




PS : yang Undip ga aku SS :(

Akhirnya doaku terjawab, ini rejeki yang terbaik hehe. Selama ngejalanin kuliah aku bersyukur sekali bisa ngikutin materi perkuliahan walaupun pasti ada kendala dan keluhan tapi tetep enjoy jalaninnya. Pastinya, setelah penyesalan-penyesalan yang udah terjadi pasti ada hikmah dibalik semuanya, pastinya atas kejadian ini semua aku bener-bener tertampar agar belajar lebih giat lagi dan ga boleh keras kepala, harus bisa prepare for the worst thing pokoknya, jangan bergantung sama satu hal yang belum pasti. 

Terima kasih tentunya sama Zen yang udah nemenin aku sampe sekarang :)
Tanpamu, ah gatau pasti nasibku bakal gimana, pokoknya makasih banyak ya zen! 

You May Also Like

9 comments

  1. Bagus banget situs zenius.net ini, jadi pingin nyobain juga

    ReplyDelete
  2. saya tau aplikasi ini pas ada yg komen di blog, mas pendirinya zenius ya?

    XD

    pas di searching ternyata nama foundernya Sabda, sama kayak saya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete