Success = Useful for Others

by - 20:25

Karena orang-orang pada heran sama aku kenapa kekeh banget pengen jadi dokter. No matter what. Jadi aku terinspirasi nulis tentang The Reasons why I want to be a doctor. Btw, aku nulis sambil kepedesan makan cilok heuheu skip.

Jadi ceritanya gini, mamah aku ini kerja jadi perawat di salah satu rumah sakit negeri daerah Kuningan padahal aku dan mamahku ini tinggalnya di Cirebon tapi dapet SK PNSnya di RS daerah Kuningan jadi daerahnya lumayan terpencil sih, dan akses kesananya juga kudu melewati jalan yang kanan kirinya hutan maupun jurang gitu deh baru sampe rumah sakit tempat mamahku kerja. Aku sering diajak kesana sedari TK dan bener-bener dikenalin sama mamah tentang lingkungan rumah sakit, aku seperti di doktrin gitu loh pokoknya kalo udah gede harus jadi dokter yaa. Selalu. Mamahku selalu doain dan ngepush aku biar jadi dokter. Lama-lama aku jadi suka, kayak wah ini dunia aku banget loh.

Sedari kecil, entah emang mamahku mengharapkan aku banget kali ya biar jadi dokter, mamah aku kayak udah ngajarin aku buat punya rasa empati yang tinggi buat nolong orang, berbuat baik dan semacamnya lah, kebetulan sejak kecil itu aku lebih sering tinggal sama nenek dan kakek karena mamah papah sibuk kerja, kebetulan nenek aku orang jawa dan kakek aku orang sunda, jadi aku dapet nih didikannya orang jawa dan sunda. Kepribadian aku ini kayak seneng banget nolong orang, buat orang bahagia dan mengurangi beban orang, tapi kebetulan kakek aku ini orangnya rada judes dan keras jadinya nurun lagi deh ke aku. Yap aku dikenal orang sebagai orang yang cuek, jutek dan judes. Aku kesel sih asli sama kekurangan aku ini. Sampe-sampe aku sering diomongin sama temen SMA aku. Waktu SMA aku sering bermasalah sama orang emang, sering digosipin. Jujur sih aku kaget karna baru pertamakali bermasalah gini tapi aku tetep bersyukur dan berterima kasih aja sih, karena atas kejadian ini membuat aku jadi pribadi yang lebih kuat. Apasi.

Lanjut sih, iya, pokoknya aku udah bener-bener diajarin mamah buat punya rasa kepedulian yang tinggi untuk orang-orang. Setiap lagi jalan sama mamah atau nonton tv, ngeliat orang yang prihatin mamahku selalu ngomong...

"Ka, liat coba, kasian banget ya orang itu. Semoga kamu jadi dokter ya ka, ntar kalo ada pasien seperti orang disana, kamu bayarin pokoknya ga boleh buat mereka tambah susah ya"

Ya, hati aku selalu luluh tiap mamahku bilang begitu. Kaya diamanatin ga sih? Setiap mamah bilang gitu aku jaim, aku cuma angguk kecil kepala aku atau bilang iya doang padahal dalem hati aku berteriak bener-bener semangat bilang.

"Iya mah! Tanpa mamah suruh lagi aku pasti ngelakuin itu. Aku pasti nolong mereka. Aku pasti lebih utamain keselamatan mereka mah. Aku ga bakal meras uang mereka kok mah!"

As always. Setiap mamah bilang begitu aku bener-bener semangat banget pokoknya aku harus lulus FK PTN. Aku seneng sama segala sesuatu tentang dunia kesehatan dan kedokteran, sampe aku punya janji tertulis di blog ini kan kalo aku lulus FK PTN nanti aku bakalan kembangin blog ini jadi ber-tema healthy blog. Aku mau share info kesehatan gratis untuk pembaca aku, aku mau bikin vlog juga sharing tentang kesehatan. 

Yha, blog ini belum berkembang sih. Dulu aku suka share info kesehatan di blog ini alhamdulillahnya rame dan ada aja yang komen huhu makasih kalian yang udah baca, sebenernya itu aku lagi latian sih bikin artikel yang baik dan menarik itu gimana hehe. Aku ngerasa setiap share info kesehatan atau motivasi itu buat aku seneng banget kalo banyak yang baca dan komen bilang makasih atau kasih kritik sarannya dari pembaca :') seriously, aku ngerasa udah bermanfaat banget untuk orang. Orang yang tadinya gatau dan ga kepikiran jadinya tau. Di fase ini aja aku udah seneng banget loh guys.

Oke, sampe-sampe pas kelas 6 SD itu pas ditanya mau lanjut ke SMP mana itu aku bingung, ga kepikiran banget, waktu SD aku malah udah kepikiran mau lanjut ke FK UNPAD. Aku masa bodo mau SMP dimana heu, jadi setelah dikonsulin ke wali kelas ( dan yang konsul itu nenek aku bukan aku -_- ) wali kelas aku nyaranin ke SMP terfavorit se-Cirebon, masih pake sistem RSBI pula. Omg, emang aku sepinter ini apa ya sampe disaranin kesana. Eh pas tes aku juga ga belajar, tesnya ada tes wawancara b.Inggris, tes komputer, tes akademik haduh tapi aku ga stress pas jalaninnya sampe terakhir itu aku disuru kamping di sekolah selama seminggu karena sekolah ngirim pengajar Pare Kampung Inggris ke sekolahku buat intensif belajar bahasa Inggris biar muridnya ga keteteran dan kagok kali ya pake sistem RSBI. Singkatnya, aku selama di SMP ini jadi terdorong jadi anak yang rajin karena terpengaruh dari lingkungan sih.

Karena lingkungan SMP aku bener-bener jadi kebawa rajin dan percaya diri sampe ke SMA juga, tapi pas SMA aku berubah-ubah sih, aku yang tadinya kekeh pengen FK UNPAD malah ngawur kemana-mana yaitu FK UNS UNSOED UNAIR UNEJ UPNVJ dan yang terakhir fav aku banget yaitu FKKMK UGM ah gila aku jatuh cinta banget sama UGM tapi nyatanya aku tertolak 5x. Sedihnya.



Selama akhir-akhir SMA ini aku mulai bertanya-tanya setiap hari sama diriku sendiri,
"Sha, apa bener kamu mau kedokteran? Niat kamu apa jadi dokter?"

Yups, I always asked that everyday, everynight like crazy. Aku mikir sih, jadi dokter karena aku ya emang mau nolong orang, karena aku seneng nolong orang, tapi masa itu aja sih? Mainstream banget. Akhirnya aku buka google, dan baca berbagai macam masalah yang ada di Indonesia ini, yang buat aku tertarik dan merasa tertantang adalah masalah persebaran dokter yang ga merata di Indonesia. Wow ternyata Indonesia masih kurang dokter di daerah terpencil karena dokter kebanyakan maunya praktik di kota-kota besar. 

Aku orangnya sensitif, gampang seneng dan sedih karna hal yang sepele. Aku baca artikel tersebut entah kenapa merasa tersentuh. Aku berdoa ke Allah, aku janji kalo aku berhasil lolos kedokteran PTN setelah lulus kuliah aku mau mengabdikan diri jadi dokter di daerah pelosok, sekalipun itu di Papua pun aku ga masalah yang penting bisa bermanfaat bagi masyarakat yang bener-bener membutuhkan.

Aku punya cita-cita yang nanti kalo aku kerja bisa mengabdi ke masyarakat seperti menjadi guru atau dokter gitu deh. Tapi, jujur sih pas kelas 4 SD aku mau jadi guru tapi cuma sebentar, aku fokusin lagi niat aku buat jadi dokter karena aku gabisa ngajarin orang gitu deh hahahaha. Tapi takdir berkata lain, aku justru di lulusin di universitas pendidikan nomor 1 di Indonesia, yup, di UNY FMIPA - Pendidikan biologi. 

Awalnya, aku merasa kecewa, aku merasa sedih, kenapa ya kok doa aku ga dikabulin padahal niat aku jadi dokter udah baik, aku udah belajar keras banget padahal tapi kenapa gagal. Padahal aku udah ikut quick count gitusih aku lolos ya walaupun ga bener-bener akurat kan ya tapi seenggaaknya ada gambaran sih skor nasionalku berapa.

Faktor apa yang buat aku gagal, aku gatau. Apa emang aku beneran bego jadi nilai aku kalah saing, emang lagi sial atau emang banyak permainan orang dalem ( Rumornya sih begitu ). Yha masa aku kalah sama anak yang punya kenalan orang dalem buat lolos kedokteran. Rada shock sih ini dapet info dari temen-temen dan aku juga ada yang nawarin, tapi aku tolak, buat apa? Dosa yang ada dan ilmunya ga berkah, takut kesusahan ngikutin pelajarannya nanti. Aku cuma mau jalur murni, pure otak aku sendiri.

Temen-temenku udah wanti-wanti kalo ujian mandiri jangan pilih FK semua karna yaaa iykwim. Ga semuanya. Tapi mayoritas. Sans. Tapi aku tetep kekeh, aku yakin pasti ada yang nyantol di salah satu FK yang aku daftar. Tapi akhirnya yahh gagal disemuanya dan akhirnya temen-temenku pada bilang, "Tuhkan, diomongin ga percaya". Hua. Bener-bener nyesel aku ini, mendingan kemaren pilih jurusan lain aja. Aku pasanng UP selalu yang terendah juga sih kemaren pas daftar UM wkwk. Terendah juga masuknya udah besar banget biayanya.

Jujur, aku pas gagal FK 10x ditaun pertama ini, aku bener-bener nangis ke Allah, kenapa sih aku kalah sama orang-orang yang punya orang dalem ( Ga semuanya, tapi pasti ada ) padahal aku ini punya niat yang mulia, aku bener-bener pengen mengabdi dan ga mikirin finansial kok, aku bener-bener tulus pengen jadi dokter buat pengabdian. Aku sedih, orang yang pake joki buat masuk kedokteran dengan budget yang beratus-ratus juta bahkan sampe nyentuh milyaran pasti setelah lulus mereka bakal jadi dokter yang cuma mikirin uang, meras duit pasien buat nutupin modal mereka lah sekolah kedokteran. Hidup bener-bener ga adil sih kenapa.

Setelah itu, aku sering baca-baca cerita motivasi dan dengerin nasehat temen-temenku itu. Cukup memotivasi banget, buat aku percaya kalo Allah udah ngasih yang bener-bener terbaik untuk aku, kita gatau kan rencana Allah seindah apa, jadi aku bener-bener mengubah doa aku yang tadinya detail buat lulus FK PTN terbaik di tahun ini diubah menjadi minta dikasih yang terbaik aja, udah terserah Allah aja aku ditempatin kuliah dimana aku pasrah. Dan akhirnyaa tererengg aku lulus di UNY padahal aku gapernah berdoa sama sekali untuk kuliah di UNY. Boro-boro berdoa, kepikiran aja ngga pernah. Bener-bener diluar dugaan rencanaNya.

Tante aku nyaranin ke swasta aja, tapi aku tolak bukan karena swasta ga bagus, tapi mahalnya itu loh secara ekonomi kedua orang tuaku ga sanggup. Harus megang minimal 550 juta buat FK. Duh uang darimana, lebih baik aku mengalah dan lirik jurusan lain. Alhamdulillahnya UNY lirik aku, aku udah nyaman banget di UNY, aku mau berkontribusi lebih lanjut untuk UNY untuk jadi mahasiswa berprestasi sebagai balas budi aku karena UNY udah nyelametin aku dari keputusasaan ini.

Pastinya aku bersyukur banget udah lulus di PTN terbaik untuk aku pokoknya disaat yang lain belum dapet rejeki kuliah di tahun ini tapi insya Allah pasti dikasih yang terbaik. Jadi guru ga masalah buatku karena sama-sama berjasa dan mengabdi. Insya Allah udah disiapkan yang terbaik. Aku percaya sama Allah.

Definisi sukses bagi aku itu bukan jadi orang kaya yang punya banyak uang. Jadi orang berkecukupan ga masalah asal bisa bermanfaat bagi orang lain.

Thanks pokoknya yang sudah baca...

You May Also Like

3 comments

  1. Bener banget mbak, yang terpenting adalah bermanfaat bagi orang lain :)

    ReplyDelete