Perjuangan Mendapatkan PTN 2018

by - 20:20

Hello gaes^^

Maafin aku yaa karena tiba-tiba menghilang mendadak tanpa pamit wkwk ya karena kemaren itu aku lagi pusing nyari-nyari sekolah and then I got 10 times rejected heuheuheu malu-maluin banget, apa aku yang bodoh atau emang lagi sial. So, i want you to read my long journey to get PTN this year!

Jadi ceritanya aku mau jujur aja sih karena selama ini setiap kali temen aku nanya, "Kamu belajar SBMPTN udah dari lama ya?" Setiap ditanya begitu aku selalu bohong, aku selalu jawab,"Ah nggak kok aku sih pemales, di rumah kerjaannya tidur terus." Ya, karna maksud hati pengen merendah aja, aku rada gasuka kalo terlalu di-"wah"-in orang padahal dalem hatinya iri. Bukan suudzon sih tapi pengalaman aja. Pastinya, aku gamau dong udah banyak orang yang tau kalo aku ini berambisi belajar SBMPTN sejak lama tapi malah ga lolos itukan pasti jadi bahan cibiran orang. Seenggaknya, kalo aku beneran ga lolos kan mereka bisa maklumin.

Tapi aslinya, aku udah siapin SBMPTN sejak kelas 11 semester 2. Sejak kelas 11 itu aku sering ikutan TO SBMPTN waktu itu pertama kali bulan Januari 2017 ikut TO GAMAFEST yang diselenggarain mahasiswa UGM Cirebon, aku diajak sama 2 orang temen aku namanya Agnes dan Dian. Setelah itu, aku makin penasaran sama SBMPTN dan sering baca-baca artikel tentang PTN dan segala jalur masuknya, baca-baca pengalaman orang diblog pribadi mereka, pokoknya aku berterima kasih banget untuk teman-teman yang udah ngasih tips and trick serta pengalaman mereka bisa tembus PTN yang terbaik untuk mereka di blognya. 

Nah, setelah TO GAMAFEST itu aku sering iseng ikutan TO di OA Line gratisan gitu deh. Yaps, disaat temen-temen aku masih pada asik-asik menikmati masa-masa SMA nya dengan jalan-jalan, galauin gebetan atau pacar hmm, dan berambisi naikin nilai rapot buat SNMPTN tapi aku malah udah belajar siapin SBMPTN. Bener-bener mulai fokus SBMPTN itu setelah UKK kelas 11 kan masih ada waktu 3 minggu kosong nih, seminggu aku pake buat remedialan atau ngumpulin tugas yang masih kurang dan 2 minggu disaat yang lain meramaikan event porak di sekolah tapi aku malah bolos buat belajar SBMPTN dan sering pantengin video zenius trus dicatetin dibinder khusus materi SBMPTN. Beberapa lama kemudian tiba-tiba kepala aku sakit dan akhirnya demam huhuhu lemah emang. Pas dipaksa tetep gabisa akhirnya aku libur dulu belajarnya.

Aku kepoan dan sering penasaran, makanya aku cari tau buku apa yang bagus buat belajar SBMPTN dan akhirnya dapet infonya dari komenan orang-orang di post OA Line Student's Letter yang sekarang ga aktif lagi padahal lagi butuh-butuhnya motivasi :") Pokoknya disitu banyak yang nyaranin beli buku sks dan wangsit. Pertama kali aku beli buku sks dulu yang paketan karena harganya lebih terjangkau sama tabungan, setelah beli itu aku berusaha nabung dari 0 lagi buat beli buku wangsit tapi namanya rejeki datengnya ga disangka-sangka karna tiba-tiba aku diajak papah aku jalan-jalan dan tiba-tiba papah aku ke atm ngasih aku duit, padahal aku ga minta loh gays :') terharu banget gila, akhirnya aku langsung minta nitip ke temen buat pesen aja sekalian sama aku buku wangsitnya karna dia mau beli juga. Akhirmya pada bulan September 2018 bukunya dateng. Aku bahagia banget pas bukunya dateng waktu itu wkwkwk.

Setelah bukunya dateng nih aku mulai mengabaikan pelajaran kelas karena aku udah ga ngarepin SNMPTN lagi, aku tau diri sih aku ini siswa biasa aja yang cuma punya modal nekat doang. Bukannya aku rendah diri, tapi aku sadar kalo nilai rapot aku ini biasa banget padahal aku mau lanjut ke FK dan track record sekolah aku ga begitu bagus di fakultas kedokteran karena dari angkatan kaka kelas sebelumnya itu yang lolos SNMPTN FK terbilang jarangg banget, makanya gaada harapan buat jalur ini. Setiap dikelas lagi gabut dikit ya malah kerjain wangsit, duduk di pojok paling belakang ditambah gurunya lagi gaje jelasinnya ya daripada buang waktu mending aku ngumpet-ngumpet kerjain soal-soal wangsit. Setiap jenis ujian seperti UH, UTS, UAS, USBN, UPRAK, TO, UN aku gapernah belajar, aku belajarnya ngerjain soal-soal SBMPTN aja, baru belajar ujian di sekolah itu pas subuhnya sama pas paginya tapi anehnya langsung nangkep materinya dan ya nilai aku ga buruk-buruk banget kok, bahkan UN aja aku ga belajar dan dapet peringkat 83 dari 600an siswa di SMA aku. Ya autoshock karna ga belajar sama sekali tapi bisa masuk peringkat 100 besar nilai UN nya wkwkwk.

Karena kurasa masih kurang paham materi SBMPTN aku memutuskan bimbel di NF. Disana lesnya enak karena muridnya sedikit dan langsung belajar soal-soal SBMPTN dan UM disaat bimbel lain masih intensif UN kan. Aku terbilang semangat banget les disitu, saking semangatnya, aku gapernah bolos les sama sekali, bahkan lagi ujan gede pun aku terjang, ke tempat les itu aku jalan kaki dari sekolah ke tempatnya ya lumayan deket sih tapi kalo ujan itu yang buat sedih, sampe-sampe masuk kelas aku kedinginan banget karena baju basah ditambah ruangannya ber-AC, kadang pulang lesnya juga keujanan, gapake jaket, naik grabbike pula . Namanya juga perjuangan ya aku jalanin aja prosesnya. Alhamdulillahnya aku dikasih kesehatan dalam menghadapi perjuangan ini :')

Buat yang nanya cara belajar aku gimana kemaren, aku cuma liat video zen sama dengerin guru les jelasin abis itu perhatiin dulu contoh soalnya, gimana langkah-langkah ngerjainnya dan kalo udah paham aku coba deh kerjain soal-soal ngurut dari yang mudah dulu ke yang susah. Aku sehari tidur paling 4 jam rata-rata. Biasanya tidur dari jam 10 malem dan jam 2 pagi udah mulai start belajar atau ga misalkan udah capek banget ya jam 9 udah tidur dan jam 12 bangun lagi buat belajar, tahajud, ngaji, subuhan.

Ibadah dikencengin ya, seperti solat duha, tahajud,hajat, istikharoh, ngaji, dzikir shalawat, puasa senin-kamis jangan ditinggalin kalo bisa. Jangan lupa juga berbuat baik kepaada sesama, nolongin orang kalo kesusahan. Karna prinsip aku kalo kita memudahkan urusan orang, pasti Allah memudahkan urusan kita juga. Jadi jangan ragu buat nolong orang.

Lanjut nih, maaf ya kepotong...

Karena aku ga ngarepin SNMPTN, aku langsung ngisi pilihan tertinggi yaitu FKKMK UGM doang dan ngosongin pilihan kedua ketiganya. Alesannya gatau diri gitu biar aku ga ngarepin SNMPTN dan kalo ga keterima tetep santai ga ngedown dan tetep semangat belajar SBMPTNnya. Akhirnya pengumuman eh beneran ga lolos wkwkwk.

Akhirnya mendapat tiket SBMPTN yeay. Oh ya, kemaren SBMPTN itu milih FK semua, kenapa sih aku pengen jadi dokter? Kalo dijelasin bakal makin panjang ceritanya jadi klik link tulisan ini aja nih. Lanjut, aku milih FKKMK UGM, FK UNSOED dan FK UPNVJ nah setiap TO yang pake sistem lama aku sering lolos skor nasionalnya di pilihan 2 dan 3 karna FKKMK UGM kurasa tinggi banget emang ya tapi aku ngebet banget pengen kuliah di UGM. Udah persiapkan strategi dengan matang eh sebulan mau SBMPTN dapet info bahwa sistemnya bakal diganti lagi pake sistem teori respons butir. SIAL. Aku gatau harus gimana, panik, harus diisi semua atau enggak. Nah, pas pake sistem yang baru nih nilai TO aku merosot. Tadinya masuk 10 besar TO tertinggi eh sekarang boro-boro. 

Bingung kan aku, kata bimbel aku suruh isi semua, nah yang di bimbel sono suruh jangan isi semua, mana aku liat video penyelenggara bimbelnya lagi, wajah-wajahnya sangat meyakinkan jadi aku gamau nanggung resiko, aku jawab sebisa aku aja pas SBMPTN itu alhasil aku cuma jawab dikit dan ya benernya dikit juga. Pokoknya pas aku periksa kimia bener 7, biologi 6, matipa 5, fisika 2, salah 10 dan yang bikin nangisnya adalah setelah bubar SBMPTN aku baca artikel ternyata suruh isi semua aja :') ah kesel pokoknya aku nyesel banget ga diisi semua. Yaudah aku kencengin doa aja berharap ada keajaiban.

Ya, disela-sela menunggu aku iseng ikut quick count wangsit dan hasilnya aku lolos di pilihan ketiga, waktu itu aku sombong sih, aku bilang kalo aku lolosnya bukan di UGM aku tetep mau ikut UTUL UGM gamau tau. Egois. Waktu itu aku ga mikir kalo misalkan aku lulus di pilihan bukan UGM tapi tetep ikut utul ya berarti kalo misalkan aku lolos utul juga ya aku merampas hak orang lain dong, merampas hak orang yang belum dapet sekolah sama sekali, karna ku sadar bahwa 1 bangku itu sangat berharga. Pada akhirnya pas pengumuman SBMPTN itu aku ga lolos dipilihan manapun. Padahal aku udah pede bakal lolos makanya aku ga nyiapin buat belajar tes STAN dan UTUL UGM sumpah.

Selama penantian SBMPTN aku join ke line square camaba UGM disitu aku menemukan dunia baru karena ternyata aku ga menderita sendirian tapi masih banyak yang punya nasib sama kaya aku. Makin sering nongol di square tersebut buat aku makin akrab sama beberapa orang kalo dijumlahin ada 30 orangan akhirnya kita memutuskan buat grup aja daripada nyampah di sq nya kan. Seneng aku punya temen diluar kota, ada yang dari Jakarta, Bekasi, Bali, Lombok, Sumatera, Jogja, dll pokoknya banyak dan setiap pengumuman hasil kelulusan itu mereka pasti ada yang udah dapet, sedihnya aku sendiri yang belum dapet waktu itu karena pengumumannya 31 Juli 2018 wkwk.

Nah, disini nih perjuangan letihnya aku dimulai, karena tanggal 7 Juli 2018 aku tes STAN dapet sesi 3 dimana tes mulai jam 3 sampe jam 5 sore di Jakarta dan besoknya adalah tanggal 8 Juli jam 7 pagi ada tes UTUL UGM. Frustasi. Gimana ini biar bisa ikut semuanya. Akhirnya pesen kereta nyisa yang mahal woy ah gila aku merasa bersalah banget kalo ceritain ini. Akhirnya tanggal 7 Juli aku dan orangtua aku berangkat jam 4 pagi naik kereta sampe Jakarta jam 9 pagi, nunggu di masjid sampe jam 2 siang dan jam 3 mulai tes. Aku jawab sebisanya aja, aku istighfaran terus, akhirnya aku ga nyangka ternyata aku lolos ambang batas di semua bidang tes, padahal ga belajar. Setelah tes, aku lari keluar nelfon mamah karena saking senengnya. Beberapa lama kemudian, pesen grab motor 3 dan nganter ke stasiun gambir karena jam 8 kereta bakal berangkat. Diperjalanan aku cerita-cerita ke mamang grab dan terharunya beliau bilang "Keren banget neng perjuangannya, neng pasti sukses, pasti ko neng, semangat ya!" Aamiin ya Allah. Ya sudah akhirnya kereta sampe dan tes UTUL UGM.

Ohya aku selain UTUL UGM juga aku daftar ke UNS, UNSOED, UNDIP, UNAIR, SV UGM, SV UNDIP, D3 UPNYK, SM-SBMPTN UNY. Aku pede kalo bakal nembus UM lah gatau kenapa optimis aku ilang karna ada yang ngasih tau aku kalo FK jalur UM itu susah hmmm ya katanya banyak permainan belakangnya sih, nah disitu aku udah ga semangat eh ternyata bener aku ga lolos FK di semua univ yang aku daftarin gays. Akhirnya aku mengurung diri, udah gabisa nangis lagi, ga semangat lagi. Doa aku diubah yang tadinya detail minta tolong dilolosin di FK UGM taun ini jadi diubah minta dikasih yang terbaik aja.

Yaps, ku terus-terusan berdoa, minta maaf kemaren udah egois, udah terlalu ngatur Allah, udah sombong, udah sering nyakitin hati orang pokokknya sekarang aku terserah sama Allah aja deh, aku udah pasrah, dikasih yang terbaik aja. Aku solat istikharoh minta tunjukin tempat yang bener-bener terbaik buat aku. Sukseskan aku dimanapun aku berada ya Allah. Nah, udah tuh di akhir-akhir bulan aku ikut tes yang tersisa yaitu SV UNDIP sama D3 UPNYK ambil Tekkim, padahal itu bukan passion aku banget dan ternyata diterima, tapi anehnya aku ga seneng. Biasa aja.

Pada akhirnya pas tanggal 31 Juli itu aku ke Yogyakarta untuk yang ke 3 kalinya, buseh, untuk tes UPNYK nah selesai tuh, pulang lagi naik kereta, pas sampe rumah aku buka tuh pengumuman SM-SBMPTN UNY dan akhirnya aku lolos juga di FMIPA - Biologi. Aku terharu padahal aku pesimis sama hasil UNY ini karna aku ngira nilai SBMPTN aku buruk banget abisnya ga keterima dimana-mana kan ikut UM yang pake jalur SBMPTN ditambah aku ngasih UP terendah di UNY ini 5 juta, ditambah lagi kan SM UNY ada 2 macem ya SM-UTUL sama SM-SBMPTN dan kuota SM-SBMPTN itu sedikit bangett. 

Aku bisa bilang begitu karna aku baca artikelnya guys dan di pembukaan PKKMB UNY wakil rektornya  juga ngasih tau sendiri. Jumlah peminat UNY itu 171.000-an (setara UGM dong ya) tapi yang diterima cuma 5000an orang. Nah, yang ikut SM kemarin itu jumlahnya 61.888 orang tapi yang diterima cuma 2.300an orang kurang lebihnya. Tau ga sih gaes yang daftar SM-SBMPTN itu 23ribu orang dan yang diterima cuma 400 anak :') Aku jadi terharu ternyata UNY masih mau ngelirik aku yang udah 10x penolakan. 

Baru selesai ospek, kok aku jadi makin betah ya disini, karena lingkungannya baik dan temen-temennya baik juga buat aku bahagia disini. Allah emang udah nyiapin yang terbaik buat hamba-Nya. Walaupun gagal kedokteran. It's OK. Karena aku punya cita-cita yang kalo kerja itu mengabdi untuk masyarakat, dan ya guru juga mengabdi kan untuk masyarakat. Aku yakin ini adalah jawaban doa aku selama ini, dan aku yakin banget ini tempat yang terbaik buat aku. Karna skenario Allah ga pernah salah.

Btw, aku gagal 10x itu adalah gagal :
SNMPTN
PBUSMAK UGM
SBMPTN
STAN
SM UNS
SPMB UNSOED
PPMB UNAIR
UM UNDIP
UTUL UGM
SV UGM

Kuncinya harus sabar banget, yakin Allah udah kasih yang terbaik. Semangat temen-temenkuu! Semoga kalian ga gagal berkali-kali kaya aku ini. Apa yang salah dari aku tolong buat contoh dan evaluasi diri kalian biar ga gagal seperti aku ini. Gausah minder kalo dapet di univ yang ga sesuai sama apa yang kalian inginkan, karena sukses itu ga ditentuin dari PTN TOP tapi ya dari diri kalian sendiri. Semoga kalian sukses dimanapun kalian berada aamiin...

source







You May Also Like

8 comments

  1. Selamat yang udah resmi jadi mahasiswi

    ReplyDelete
  2. @Bang Day : Iyaa makasih yaaa :)

    ReplyDelete
  3. kakak pake zenius full atau gimana, trus cara belajarnya gimana?
    Taun depan aku juga mau ikutan SBM kak, makasiiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake zenius xpedia 2017 dek aku dapet hibahan dari kakel. Kalo mau nanya2 bisa di line aku id nya elsha2112 yaaa

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Semangat terus kakaak, semoga sukses dunia akhirat :)

    ReplyDelete
  6. Terus semangat ya kak, sabar, pasti udah ada jalannya.
    Selamat jadi mahasiswa kak hehe

    ReplyDelete