Ketika Menghadapi Guru yang Nyebelin

by - 23:26

Assalamualaikum wr.wb.

Hallo kalian yang masih sekolah dan baru aja naik kelas 2 bulan yang lalu, wah sama aku pun juga naik ke kelas 11. Btw kelas 11 ternyata tugasnya lebih banyak ya dibanding kelas 10 hehe senyumin aja. Naik kelas otomatis guru kalian banyak yang ganti kan ya walaupun ada beberapa yang masih tetep ngajar. Kalian ngerasa ga kalo kalian ga kebiasa sama guru baru yang banyak aturan, lebih bawel lah atau lebih kejam itu bikin beban dan bikin kalian ngedumel, rasanya pengen banget gitu ya ngomong kasar ke guru? Eits kalian itu salah loh, aku punya pengalaman pas SMP gara-gara aku buat nama panggilan guru matematika dan ternyata aku dapet pembalasannya, oke aku ceritain.

Kembali ke masa SMP...
Sewaktu masih SD aku emang suka ga suka sih sama matematika soalnya emang basic aku bukan jago itung-itungan tapi di hafalan, tapi waktu SD aku nikmatin aja sama pelajaran math SD soalnya masih gampang-gampang kan ya namanya juga dasar jadi ya nilai UN math aku bisa dibilang bagus lah ya jadi aku kira pelajaran SMP gampang ternyata pas dijalanin ga kaya yang aku pikirin dulu.

Masuk awal SMP aku dapet guru yang emang temen sekelas aku ga suka gara-gara dia suka curhat, bayangin 2 jam pelajaran di isi dengan curhatan dia dan belajar pas 10 menit mau bel ganti pelajaran, haha aku mah seneng aja dengerin dan berharap ga belajar malah soalnya aku bener-bener ga suka matematika sejak awal SMP, temen-temen pun begitu dan akhirnya temen-temen sekelas aku sepakat ngasih nama samaran dia pake kata-kata yang bener kasar dan aku pun sedih melihat kelamnya masa lalu aku dulu heu.

Aku pun mulai terpengaruh sama temen-temen yang manggil guru itu pake nama samaran, tiap kali guru itu lewat di depan aku pasti aku ketawain dan ngejek-ngejek di belakangnya, sampe kelas 9 aku mau lulus pun begitu, masih suka ngejek-ngejek. Aku yang tadinya bener-bener buta sama pelajaran matematika, yang awalnya ga ngerti al jabar sama sekali aku jadi ngerti gara-gara les dan kelas 9 matematika aku bagus lah, bisa menguasai materi UN kecuali kesebangunan, itu aja. Aku optimis nilai math aku bakalan bagus di UN.

Eh sewaktu menghadapi UN, aku bisa ngerjain soal matematika, aku yakin bakalan dapet nilai bagus, aku perkirakan sih ya diatas 60 udah pasti ada, karena sewaktu nilai UN masih jadi pertimbangan kelulusan nilai UN itu kkm nya 55, ya udah pasti diatas segitu lah ya. Udah yakin aja. Eh pas dibagiin, nilai pelajaran UN kecuali math aku diatas 80 semua dan cuma math yang bener-bener ancur dan gabisa diungkapin lagi, kalo nilai UN masih dipertimbangakan buat kelulusan mah aku ga bakalan lulus.

*Masa lalu kelam*

Aku bingung, apa faktor yang buat nilai matematika aku jatuh sampe mempengaruhi nem? Aku baru sadar, ternyata ini adalah pelajaran buat aku kalo aku harus menghormati guru, karena guru adalah orang tua aku di sekolah. Sekarang aku naik kelas 11 dan ada beberapa guru yang diganti, banyak temen aku yang ga suka karena mereka ga terbiasa sama guru itu, setiap kali di kasih tugas kerjaannya cuma ngeluh, ngatain guru yang engga-engga, ngomongin guru itu, dan ngedumel aja. Aku pengen banget rasanya ngasih tau, tapi aku ga bisa berbuat apa-apa, aku cuma bisa diem.

Aku harap kalian yang masih sekolah harus berusaha untuk menikmati pembelajaran dari siapa aja guru itu, apa aja aturannya, apa aja tugasnya, seberat apapun itu, kalian harus berusaha menikmati karena tugas ini ga ada apa-apanya dibanding sama kuliah. Emang kamu kira, lulus SMA keterima di univ yang kamu pengen bakalan seneng seterusnya? Haha justru lebih susah, lebih banyak dan berat tugasnya dibanding masa-masa SMP atau SMA.

Jangan suka ngebanding-bandingin guru ini lebih bagus dari guru itu lah, lebih baik guru itulah daripada guru ini. Mikir deh, kalian kalo jadi guru belum tentu bisa ngajar seperti dia. Jadi guru itu hanya orang-orang yang terpilih, yang punya rasa sabar menghadapi murid-murid seperti kita. Guru adalah pahlawan kita yang masih hidup, yang ikhlas ngajarin kita sampai kita bener-bener sukses, tanpa minta imbalan apapun. Terus, kita yang udah diberi jasa, malah ngejekin guru yang engga-engga? Sombong amat kalian.

Ayo kita rubah perilaku kita, lihat orang dari sisi positifnya. Negatifnya dibuang, sikap positifnya kita tiru. Termasuk sama guru pun begitu. Hormati guru, insya Allah ke depannya kalian bakalan berkah hidupnya, nilai kalian bagus, banggain orang tua, jadi orang sukses. Jangan sampe kalian seperti aku yang kena azab gara-gara ngejekin guru.

Terima kasih udah baca curhatan aku ^^

You May Also Like

2 comments

  1. betul tugas dari guru yang banyak bikin kita jadi struggle, dan berjuang terus untuk bisa menyelesaikan semuanya dan kelak kita bisa merasakannya kalau kita mendapat tugas banyak di kerjaan kita sudah terbiasa dan kita gak cengeng dan gak ngeluh terus.

    ReplyDelete