Susahnya Jadi Anak Sulung

by - 05:16

Assalamualaikum wr.wb.

Anak sulung atau anak pertama itu ada suka maupun dukanya, apalagi kalo punya adik apalagi kalo punya adik banyak. Saya anak pertama dan punya adik 2 itupun laki-laki semua, butuh tenaga ekstra buat ngebimbing dan jagain mereka apalagi umur mereka masih belum tergolong dewasa, karakter dan sifatnya pun berbeda-beda, saya pun terkadang bingung buat mengarahkan mereka, apa aja sih susahnya?

1. Buat dijadiin bahan eksperimen orang tua
Waahh ini udah pasti dialamin sama anak sulung, saya pun ngerasain gitu. Saya dijadiin bahan eksperimen kayak misalnya disuruh untuk daftar ke sekolah ini, mau tau sekolah ini bagus apa engga nah kalo ternyata bagus berarti adik-adiknya juga daftar ke sekolah ini lagi, tapi kalo sekolah ini ga bagus hasilnya, adiknya malah di sekolahin ke sekolah lain. Jujur deh, saya dan adik-adik aku sekolahnya sama. Dari SD sampe SMP sama, dan adik saya yang terakhir SD nya juga sama.

2. Jadi contoh buat adik-adiknya
 Bab ini yang menurut saya agak susah buat diterapin, soalnya kalo salah ngomong dikit nanti diikutin adik udah gitu nanti kakaknya yang disalahin gara-gara ajarin yang ga bener. Ya pokoknya harus pinter-pinter sih buat nempatin posisi kita di depan adik maupun di depan teman-teman.

3. Suka disalahin
Iyap bener banget, pernah ga sih ngerasain kalo kita marahin adik gara-gara dia ngelakuin kesalahan eh dia nangis terus malah kita yang disalahin? Jadi yang namanya kakak itu bener-bener serba salah, kalo ga diomongin nanti kelakuan adiknya salah terus, tapi kalo diomongin nanti ngambek lah kita juga yang dimarahin sama orang tua.

4. Di suruh sukses
Hmm... iya pastilah orang tua nyuruh anak-anaknya sukses apalagi anak pertama. Anak pertama emang yang paling diharepin sukses soalnya kalo udah sukses diharapkan bisa ngebiayain adik-adiknya sekolah dan cari kerja nanti, soalnya kebanyakan kalo anak pertama itu orang tuanya masih kerja dan bisa ngebiayain sekolah kita, sedangkan adiknya kelak orang tua kita udah tua dan udah pensiun otomatis susah ngebiayainnya.

5. Menjadi tanggung jawab buat adik-adiknya
Orang tua suka nyuruh kita ngebimbing adik-adik kita karena mereka adalah tanggung jawab kita, kalo salah ya diomongin biar jadi orang yang berbudi baik kelak, kita akan seneng ko kalo ngeliat adik-adik kita udah pada sukses dan hatinya baik berkat bimbingan kita, rasanya bener-bener bangga. Sebaliknya kalo adik kita sengsara, hati kakak mana yang ga sedih? Berarti selama ini kita udah gagal jadi kakak yang baik dan bertanggung jawab buat adik kita.

Ya pokoknya anak sulung itu banyak tuntutannya tapi jalanin aja sambil nikmatin, kalo ngelakuinnya dengan kasih sayang dan hati yang ikhlas pasti ga beban deh.

 

You May Also Like

6 comments

  1. disuruh ngasuh adik sama harus ngalahs ama adik , tambahan

    ReplyDelete
  2. hampir sama mbk,
    gt deh anak pertama,

    ReplyDelete
  3. wuaaah, aku banget ini .. satu lagi deh ... gak bisa egois sama diri sendiri karena kebanyakan ngalah sama adek :(

    ReplyDelete