Cara mudah menghafal pelajaran

by - 08:53


       Ok guys, sekarang gue mau ngelanjutin lagi nih bikin artikel tentang “Cara mudah menghafal pelajaran”, pasti kalian suka lupa-lupaan kalo lagi menghafal, apalagi menghafal pelajaran ips atau pkn. Emang setiap orang berbeda-beda type belajarnya, jadi supaya cepat menghafal, kalian harus tau type belajar kalian seperti apa. Yuk baca sampe bawah.

Macam-macam type belajar

     1.     Visual learner
Cc : type belajar ini lebih mudah mengingat dengan mengandalkan mata. Jadi, berilah buku catatan kalian spidol warna-warni atau gambar yang unik supaya cepat mengingat.

     2.    Kinestik learner
Cc : type belajar ini yakni lebih senang apabila belajar sambil jalan-jalan, contohnya belajar di taman. Type ini selalu merasa bosan jika belajar berdiam menyendiri dikamar.

     3.    Audio learner
Cc : type belajar ini lebih mudah mengingat dengan pendengarannya. Maka, harus membaca materi berulang-ulang, belajar sambil mendengar rekaman materi dan Tanya jawab.

Tips cepat menghafal

       Nah, kita kan udah tau cara belajar kita seperti apa. Sekarang gue mau ngasih tips ke kalian biar cepat menghafal.

     1.     Membaca
Cc : Bacalah materi itu selama 2 hari sekali dan jangan dibiasakan menghafal sekaligus banyak materi, karena justru membuat otak kamu nge-blank dan kemudian akan lupa lagi materi yang dihafal ketika ujian tiba.

     2.    Membuat kata kunci
Cc : Buatlah kata kunci tiap-tiap kata yang harus kamu hafalkan. Misalnya : zigot-mastrula-bastrula-gastrula bisa di singkat menjadi “Zidan makan baso gratis.” Mudah kan?

     3.    Mencatat bagian yang penting
Cc : Catatlah hal-hal yang penting, inilah hal yang paling mudah untuk cepat menghafal. Supaya kelak di ujian kalian bisa mengerti kata kuncinya.

     4.    Tentukan waktu belajar yang tepat
Cc : Menghafal butuh konsentrasi yang penuh. Untuk membuat otak kita konsentrasi, maka tubuh kita harus fresh. Misalnya belajar di pagi hari. Karena disaat pagi hari otak kamu sedang berkonsentrasi penuh.

     5.    Tepatkan situasi yang nyaman
Cc : Menghafal butuh situasi yang nyaman, sesuaikan dengan cara belajar kalian, misalnya, kalian lebih menyukai tempat yang sepi atau menyukai belajar sambil mendengarkan musik.

Kesimpulan

       Oke, jadi gue punya kesimpulan cara menghafal lebih mudah pelajaran yaitu :

       1.     Jangan membaca saja tetapi pahami juga materinya agar kalian mengerti apa arti              materi tersebut.

       2.    Baca lah materi tersebut berulang-ulang dan lakukan Tanya jawab.

       3.    Tubuh butuh istirahat dan refreshing sejenak agar mengembalikan otot-otot kita               yang kaku. Jadi, jangan terus-menerus belajar.

    Oke guys, kita udah baca artikel ini sampe bawah, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa membaca ya, karena membaca itu penting untuk kita semua. Thanks.



Sumber :

You May Also Like

0 comments