Bahaya Karet Gelang Loomb Band

by - 08:58

            Haaii kawan, akhirnya gue bisa nge post lagi walaupun emang udah lama ga ngepost di blog, akhirnya bisa update blog lagi^^ sekarang gue mau nge post tentang “Bahaya Karet Gelang Loomb Band” Jaman sekarang pasti banyak anak-anak bahkan remaja yang tertarik memakai gelang loomb bands, biar dibilang gaul lah biar dibilang ga kudet lah. Tapi, boleh aja kita gaul asalkan kita tau apa dampak negative nya.


          Ternyata gelang loomb band bisa menyebabkan kanker bahkan bisa sampai buta loh, karena didalam karet gelangnya mengandung zat yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Yuk, kita baca sampe bawah.




Apa aja zat berbahaya yang dikandung loomb band?

       Banyak anak sekolah yang memang menyukai gelang loomb bands, karena membuat anak-anak menjadi berkreasi untuk membuat gelang warna-warni itu. Tapi, banyak sekali zat berbahaya yang ada dalam loom band, dan gelang loomb bands ditarik dari pemasaran.

          Partikel berbahaya itu awalnya terdeteksi dari loomb bands palsu. Penemunya adalah peneliti dari British Assay Office dan menurut peneliti itu, terdeteksi ribuan produk loomb bands mengandung bahan kimia berbahaya yaitu phthalates. Kadar phthalates sekitar 500 kali lebih banyak dari batas legal.

          "Phthalates dapat bermigrasi ke tubuh jika terkena kontak langsung dengan air liur atau keringat. Jelas gelang seperti itu adalah benda yang sangat berisiko, paling mungkin menjadi sumber kontaminasi," kata Marion Wilson, salah satu seorang peneliti.

Dampak nya apa aja?

       Ternyata zat phthalates adalah zat pemicu kanker dan penggunaannya harus dengan pantauan orang tua. Selain menyebabkan kanker, loomb band juga bisa menyebabkan kebutaan. Sebab, ada anak berumur 7 tahun, menjadi buta karena terkena karet loomb band dan harus menjalani operasi mata yang cedera terkena lemparan karet loomb band.

Kasus lainnya yang juga terjadi Inggris, anak kecil hampir kehilangan 2 jarinya karena tertidur saat membuat kreasi dari gelang plastik tersebut. Gelang yang kecil mengikat kedua jarinya, menyebabkan peredaran darah di kedua jarinya tersumbat dan nyaris diamputasi.

          Nah sekarang kita udah tau bahaya dari karet gelang loomb band kan? Jadi 
sekarang kita harus berhati-hati setiap menggunakan sesuatu tanpa pantauan orang tua. Tunggu artikel selanjutnya ya^^ thanks a lot buat yang udah baca.

sumber :

http://id.she.yahoo.com
www.dream.co.id

You May Also Like

0 comments