Pengalaman Belajar SBMPTN sambil Kuliah

by - 08:04



Alhamdulillah :')

Hello guys!

Setelah beberapa bulan ini aku udah ga pernah update blog ini lagi karena beberapa alasan, tugas aku banyak banget, ujian terus, ditambah aku masih pengen ikut SBMPTN lagi tahun 2019 ini otomatis aku juga susah bagi waktu antara buat belajar dan ngerjain tugas kuliah maupun belajar buat persiapan SBMPTN. Alhamdulillahnya aku punya kabar baik untuk kalian!

Hasil kerja kerasku terbayar, aku diterima di salah satu jurusan bidang kesehatan UNPAD, ya kalian bisa tebak sendiri aja aku antara diterima di FK, FKG, Farmasi atau Keperawatan. Aku gamau ngasih tau aku diterima di jurusan apa soalnya ada alasan lain sih dan kebetulan aku sudah nyaman banget di kampusku yang sekarang dan udah mikirin mateng-mateng rencana kedepannya bakal gimana dan mau jadi apa. Sedihnya, aku baru sadar pas aku udah selesai tes UTBK :')

Btw, aku ga iseng kok daftar ini cuma buat ngabisin jatah anak yang bener-bener pengen lolos SBMPTN. Aku emang udah niat dari awal dan sewaktu aku diterima aku ini seneng banget dan pas dikasih waktu mikir sama orang tua, diskusi juga ya akhirnya maaf aku ga ambil :')

Nah, maaf ya udah bertele-tele. Langsung aja aku kasih tipsnya!

TIPS!

1. Prioritasin belajar SBMPTN
Yup, mumpung masih semester awal yang sepengalaman aku sih biasanya pelajarannya masih dasar-dasar dan banyak mata kuliah umum juga, bahkan belum peminatan. Jadi aku saranin kalo emang bener-bener pengen ngulang lebih baik fokus ke belajar SBMPTN aja, gabisa kita handle dua kepentingan sekaligus, harus ada yang dikorbankan. Tapi kalo bisa dua-duanya kepegang, keren banget! Pokoknya yang penting IP kamu diatas 3 aja jangan jeblok-jeblok banget.

2. Jangan terlalu banyak ikut kegiatan
Menurutku boleh aja sih ikut organisasi tapi jangan terlalu banyak dan jangan ikut organisasi yang sibuk, yang sekiranya santai aja atau ga ya ikut kepanitiaan aja supaya tetep punya waktu untuk belajar SBMPTN. Kalo aku jujur sih aku mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang - kuliah pulang karena laporan praktikum aku banyak banget, ditambah tugas juga jadi bener-bener ga kepegang kalo dibarengin sama belajar SBMPTN.

3. Nyicil tugas kuliah
Aku saranin jangan jadi orang yang deadliner, karena rugi banget sih, lebih baik setiap dosen baru ngasih tugas langsung dikerjain sepulang kuliah kalo bisa dicicil sampai selesai. Nah, otomatis bakal banyak waktu luang dan waktu ini dipake buat belajar SBMPTN.

4. Ambil cuti kuliah
Kalo mau serius dan ga keganggu sama kuliah, lebih baik ambil cuti selama beberapa semester. Selama cuti, kamu bisa isi waktunya dengan les, belajar bareng temen yang mau ngulang juga, cari dan perkuat passion kamu biar kamu bener-bener yakin buat ambil prodi di kampus impian kamu.

Kalo mau ambil cuti kuliah, harus mau nerima segala konsekuensinya. Kalo misal kamu tetep ga lolos SBMPTN otomatis kamu lanjutin kuliah di kampus sekarang kan dan ya bakal nunda kelulusan kamu. Maka dari itu, kalo ambil cuti kuliah harus belajar yang serius ya biar lolos SBMPTN dan jadi MABA lagi di kampus impianmuu.

5. Perbanyak do'a
Usaha sudah, ikhtiar sudah, tinggal berdo'a mohon untuk diberi yang terbaik. Perbanyak solat tahajud, duha, hajat, puasa senin-kamis, sedekah tapi tetep diniatin hanya untuk Allah. Pokoknya minta dikasih yang terbaik, karena sesuatu yang menurut kita baik belum tentu baik bagi Allah dan sebaliknya. Allah punya rencana yang terbaik untuk kita. Jadi, kalo kalian diterima SBMPTN ya alhamdulillah usaha kalian terbayar dan dikabulkan oleh Allah. Apabila masih gagal, jangan berlarut-larut dalam kesedihan karena yakin deh ada rahasia dan kejutan dari Allah yang terbaik dan ga disangka-sangka untuk hambanya.


Sekian dari aku, semoga bermanfaat yaa! Semangat dan sukses :)

You May Also Like

1 comments

  1. Wah selamat nih ya Mbak sudah lolos. Terima kasih juga nih atas tipsnya yang sudah di share hehe

    ReplyDelete