Kenapa Memaafkan itu Susah?

by - 20:01

Assalamualaikum wr.wb.

Memaafkan itu bukan hal yang gampang dilakukan pada umumnya, apalagi melupakan kesalahan orang tersebut. Ketika kita di kecewakan oleh orang yang kita percaya sepenuh hati. Apalagi orang tersebut saudara kita sendiri, temen, bahkan sahabat yang telah bertahun-tahun bersama ga menutup kemungkinan kalo suatu saat mereka bakalan menyakiti dan mengkhianati kita. Kuncinya adalah kita gausah 100% percaya banget sama orang, terlalu percaya dan berharap apapun sama seseorang itu ujung-ujungnya bakalan sakit hati.

Memaafkan emang susah tapi belum tentu kamu ga bisa melakukannya. Banyak cara orang minta maaf ke kita salah satunya sampe nangis-nangis alay biar kita ngerasa iba sama mereka, tapi kita teringat dengan kesalahan dia sehingga ga ada rasa kasian sama sekali ngeliat dia nangis-nangis minta dimaafin, terkadang kita cuma mengiyakan saja lewat bibir kalo kita udah maafin dia tapi di hati masih ada luka yang bener-bener susah dilupain. Kenapa ya memaafkan kesalahan orang itu susah? Ini dia salah satu faktornya :

1. Sakit hati yang mendalam
Nah, kalo udah masalah sakit hati itu susah banget mengatasinya. Tuh liat berita di TV, Jessica yang ngeracunin Mirna pake sianida cuma gara-gara sakit hati. Pokoknya kalo udah masalah sakit hati itu udah susah, apalagi kalo dibayar dengan minta maaf? Ga seberapa sama sakit yang kita rasain. Terkadang ada orang yang pendendam dan keras hati sehingga ada rasa pengen mencelakai orang yang udah menyakitinya. Makanya hati-hati, kalo ngomong disaring dulu mana yang pantes diucap dan mana yang pantes disimpen di dalem hati aja, bukan omongan juga sih, perilaku juga di jaga. 

Btw aku kalo ngomong suka nyakitin terus frontal lagi 😢 ko ga nipak banget ya...

2. Butuh waktu
Ada orang yang memaafkan orang lain itu dengan waktu yang singkat (hebat bener) dan ada yang butuh waktu lama banget kayak aku 😒 tergantung sama rasa sakit yang kamu rasain, kalo cuma hal sepele ya singkat kok untuk maafin, bahkan besoknya lagi udah lupa sama kesalahan sepele itu.

3. Menyangkut harga diri
Siapa sih yang harga dirinya gamau di injek-injek? Lah gaada yang maulah. Sakit ga sih ketika kamu lagi tennag-tenang aja tiba-tiba ada orang yang mencemari harga diri kamu? Sakit banget lah, ditambah lagi malu, kodrat kamu dihadapan orang-orang jadi jelek. Apalagi kalo orang tersebut gamau minta maaf dan malah menjatuhkan kamu. Maklum sih kalo susah buat memaafkan.

4. Orang tersebut susah untuk dipercaya
Lah gimana mau maafin kalo orang yang udah nyakitin kamu cuma umbar-umbar janji palsu?

"Aku janji gaakan ngulangin lagi"
"Aku janji hal kayak gitu gabakal terjadi"
"Aku janji....." 
BULLSHIT!
Udah janji-janji kayak gitu malah ngulang kesalahan yang sama lagi. Gimana mau percaya sepenuh hati? Gimana ga curiga sama dia kalo dia susah dipercaya? Udah deh jadi orang gausah terlalu baik, jangan mau diinjek-injek karna kamu punya hak untuk bahagia. Cukup sekali atau dua kali kamu maafin dia, setelah tau dia kayak gitu, selanjutnya gausah percaya lagi, orang kayak gitu cuma bisa ngerusak kebahagiaan orang aja.

Saya harus gimana buat maafin orang yang menyakiti hati saya?
Ya orang mah punya beda-beda pendapat sih, kalo pendapat aku ya kamu harus punya hati yang tulus dan ikhlas aja, kalo kamu megang prinsip kedua itu nanti kamu gampang menjadi pribadi yang pemaaf, selanjutnya kalo punya pendapat silahkan di komentar bisa ditambah :)

Kalo aku pribadi mah cenderung susah memaafkan orang karna dari dulu aku sering dikecewain sama orang, jadi maklum kalo aku suka ga sreg sama orang yang udah nyakitin hati aku, aku cuekin lah, ga diladenin lah, ga diajak ngobrol lah, karna aku males sakit hati lagi. Ohya kalian jangan ikutin aku, Allah aja maha pengampun masa hambanya engga sih? Maafin aja kesalahannya tapi jangan lupain kesalahannya, buat pelajaran kamu aja. 

    
sumber


You May Also Like

4 comments

  1. kalau saya pribadi ga susah maafkan orang. beberapa kali saya pernah dikecewain, mungkin karena ga terlalu dalam menyakiti hati, jadi biasa aja.

    ketika terjadi, saya biarkan, saya diamkan. biasanya kecewa itu ada pas perselisihan. so si dia ga mau bicara, ya udin, saya biarin, toh nanti normal kembali.

    ReplyDelete
  2. iyasih :) kalo itumah tergantung luka hatinya aja bener-bener mendalam apa engga..

    ReplyDelete
  3. iya kalau luka hati sdh mendalam ya, tapi kalau sdh memaafkan lebih tenang hati

    ReplyDelete