Belajar Menjadi Dewasa

by - 23:16

Assalamualaikum wr.wb.

Seiring berjalannya waktu, umur kita selalu bertambah, tubuh kita selalu mengalami pertumbuhan dan pikiran kita semakin berkembang. Semakin kita tumbuh menjadi dewsa, sikap kita juga harus menajadi dewasa. Dewasa dalam bertindak, berpikir dan berpendapat. Menjadi dewasa belum tentu ditentukan oleh usia, banyak di sekitar kita yang sudah dewsa tetapi masik bersikap kekanak-kanakan bahkan sebaliknya. Lalu bagaimana cara kita menjadi dewasa?

sumber

Bagaimana cara menjadi dewasa?

1. Punya masa depan yang jelas
Orang yang mempunyai sikap dewasa, selalu punya visi dan misi yang jelas untuk mengatur masa depannya kelak. Jika kita ingin bersikap dewasa, berjuanglah untuk mengatur masa depan dan jangan membuang-buang waktu dengan percuma.

2. Bertanggung jawab
Apabila mengambil keputusan, biasakanlah berani menerima resiko dan berani bertanggung jawab.

3. Mempunyai sikap simpati dan empati
Dalam lingkungan bermasyarakat, tumbuhkanlah sikap simpati dan empati dan saling tolong menolong. Jangan bersikap acuh terhadap masyarakat sekitar.

4. Kendalikan emosi
Harus bisa mengendalikan emosi dalam mengatasi persoalan apapun dari hal yang kecil maupun besar. Jangan sampai menyesal karena terbawa oleh emosi sesaat. Kita harus belajar bersabar dan mengatasi persoalan dalam hati yang tenang.

5. Berani mengakui kesalahan
Apabila melakukan kesalahan, alangkah baiknya jika kita mengakui kesalahan kita dan berminta maaf, bukan malah lari dari permasalahan dan menyalahkan orang lain. 

6.  Menerapkan sopan santun
Orang dewasa selalu sopan dalam bertindak maupun berbicara. Bisa menempatkan diri bagaimana saat bersikap terhadap orang tua maupun sebayanya.

7. Berbuat baik pada sesama
Berbuat baiklah terhadap semua mahluk hidup. Berbuat baiklah terhadap semua orang bahkan orang yang pernah menyakiti kita, tetapi dalam berbuat baik juga harus dibatasi dan jangan terlalu over.

8. Berbicara yang bermanfaat
Berbicaralah dengan jelas dan bermanfaat, orang dewasa biasanya berbicara yang bermnafaat dan tidak bertele-tele.

9. Mengerti keadaan sekitar
Menjadi orang dewasa harus bisa mnegerti keadaan sekitar. Harus bisa menempatkan diri dalam keadaan manapun dan kapanpun, bisa berbaur dan peduli terhadap keadaan sekitar.

10. Menerima nasib 
Untuk menjadi orang dewasa, sebaiknya kita harus menerima nasib yang telah diberikan Tuhan apa adanya, baik itu nasib buruk ataukah baik karena hidup sudah diatur oleh-Nya. Jangan terus mengeluh tetapi teruslah bersabar dalam menghadapi roda kehidupan.

Kesimpulannya adalah, bersikap dewasa bukanlah di tentukan oleh usia seseorang melainkan kepribadian dan sikap kita sendiri.  



sumber : www.kaskus.com

You May Also Like

2 comments

  1. ternyata saya blum dewasa, yeah gamer never grow up. mereka naik level hahhaa

    my blog

    ReplyDelete