Jenis-jenis Kecerdasan Manusia

by - 08:46

Assalamualaikum.wr.wb

Tingkat kecerdasan dan kepintaran manusia bukan hanya di nilai dari hasil ujian atau tes IQ saja. Tetapi, setiap manusia memiliki 8 kecerdasan yang berbeda-beda. Ada orang yang pintar melukis tetapi buruk dalam bidang menghitung. Ada orang yang pintar bermain musik tapi tidak begitu baik di bidang mengeja kata. Lalu apa saja jenis tingkat kecerdasan manusia?

Sumber : www.toothsie.com

Kecerdasan Matematik atau Logika
Kecerdasan ini adalah orang yang cerdas dalam menghitung dan mengolah angka. Orang yang memiliki kecerdasan ini adalah orang yang mampu menganalisa permasalahan dan menyimpulkan hipotesis yang cukup baik. Kemampuan seperti ini membuat orang mampu berpikir secara logika dan rasional. Pekerjaan yang cocok adalah programmer, akuntan, ilmuwan, dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan matematika serta logika.

Kecerdasan Musikal
Yaitu orang yang pintar dalam hal yang mempelajari tentang musik. Biasanya orang ini memiliki hobi bersiul, gemar bernyanyi dan mudah menghafalkan nada dengan cepat. Pekerjaan yang cocok adalah penyanyi, musisi, pencipta lagu, pemain musik, dll.

Kecerdasan Linguistik
Yaitu orang yang pintar dalam berbahasa. Orang ini mampu mengolah kata dengan baik dan dapat mengartikan kata dengan jelas. Ciri dari orang yang memiliki kecerdasan ini adalah gemar membaca, suka bermain TTS dan scrable. Orang yang cocok dengan pekerjaan ini adalah pengacara, jurnalis, penyiar.

Kecerdasan Interpersonal
Yaitu orang yang mudah mengerti dengan perasaan, watak dan temperamen orang lain. Orang seperti ini dapat menghadapi orang lain dengan perhatian dan suka mendengarkan permasalahan orang lain atau yang bisa kita sebut good listener. Pekerjaan yang cocok adalah guru, motivator, psikolog, dll.

Kecerdasan Intrapersonal
Yaitu orang yang dapat memahami dirinya sendiri dan dapat mengetahui kesalahan sendiri. Biasanya orang seperti ini adalah cuek, suka menyendiri, dapat mengetahui kekuatan dan kelemahannya sendiri, dapat mengintropeksi dirinya sendiri. Pekerjaan yang cocok adalah teolog atau konselor.

Kecerdasan Naturalis 
Yaitu orang yang mempunyai pengetahuan tentang alam yang baik, dapat memanfaatkan alam dengan produktif dan mengelolanya dengan baik. Biasanya orang seperti ini adalah mencintai lingkungan, dapat mengenal bahasa binatang dan suka dengan kegiatan alam. Pekerjaan yang cocok untuk kecerdasan ini adalah petani, nelayan atau pemburu.

Kecerdasan Kinetik
Yaitu orang yang dapat mengekspresikan gagasan dan perasaan lewat gerak. Orang seoerti ini suka dengan kegiatan yang berhubungan dengan fisik. Pekerjaan yang cocok adalah atlit, pengrajin, binaragawan, penjahit.

Kecerdasan Visual
Yaitu orang yang peka terhadap visual seperti garis, warna, ruang dan mampu menggerakkan idenya dalam bentuk sketsa. Pekerjaan yang cocok untuk orang ini adalah pilot, fotografer dan insinyur.

Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda dan tidak mungkin semua jenis kecerdasan itu dimiliki oleh manusia. Belum tentu orang yang buruk dalam berhitung itu disebut tidak cerdas. Lionel Messi yang jago dalam bermain sepak bola tetapi belum tentu bisa membuat program seperti Bill Gates, apakah ia bisa dibilang bodoh? Tentu tidak. Intinya, setiap manusia memiliki bakat, kecerdasan dan naluri yang berbeda. Terima kasih yang sudah berkunjung!


Sumber :
kumpulan.info   
  
 

You May Also Like

4 comments

  1. Setelah baca, kayaknya saya punya kecerdasan musikal. Tapi, saya malah kuliah di jurusan elektro yang menuntut kecerdasan logika, pantesan aja susah ngerti. hehe

    Makasih buat share ilmunya, mbak. Salam kenal. :D

    Kalau ada waktu mampir ke blog saya http://penjajakata.com/ ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiih hebat berarti punya dua jenis kecerdasan :) okesip pasti aku mampir. Salam kenal jugaa...

      Delete
  2. Aku bingung nih masuk ke dalam kecerdasan yang mana -,-

    ReplyDelete