Hasil menyontek itu bukanlah kebanggaan

by - 09:14

Assalamualaikum wr.wb.

Semua murid pasti ga pernah asing sama yang namanya "menyontek" huh. Demi meraih nilai besar, pujian dari guru atau teman dan memuaskan hasrat diri dengan menyontek itu ga ada manfaat sama sekali buat masa depan kita. Cuma nafsu sesaat. Baiklah, aku ngaku kalo aku juga pernah nyontek tapi akhirannya aku nyesel dan sedih terus bawaannya walaupun emang aku kepepet banget harus nyontek. Nilai gede buat apa kalo aku gatau ilmu nya? Mau jadi calon koruptor yang mengakhiri hidupnya di jeruji besi? Intropeksi diri lah, walaupun nilai kecil tapi kita tetep berkah di mata Allah dan nilai kejujuran kita tinggi dong pastinya.

Aku pernah curhat ke kaka kelas tentang nilai aku yang amburadul, tapi kaka kelas bilang kaya gini....

" Ketika kita jatuh di trampolin. Walaupun kita jatuh, kita akan melompat lebih tinggi dari sebelumnya. Jadikan ini sebagai batu lompatan buat melangkah lebih tinggi..."

 Aku pernah pas sd kelas 6 ulangan PKN dan IPS huhu terus aku ga belajar, malah liat buku catetan dan hasilnya dapet nilai sempurna. Tapi aku ga bangga sama sekali. Sedangkan ulangan IPA yang ga nyontek sama sekali tapi nilainya cuma dapet 80 eh malah bangga banget gatau kenapa...

Aku niat dari masa-masa SMP dan seterusnya ga mau lagi nyontek. Karena apa? Aku mikir aja sih. Menyontek itu perbuatan yang ga baik yang akan merugikan diri sendiri di masa depan. Perbuatan yang termasuk dosa dan ga di ridhoin Allah dan kalo Allah murka gara-gara kita nyontek? Lah masa depan kita gimana? Suram dong? #LagiSokAlim

Nilai besar itu ga menentukan kita sukses, yang menentukan adalah kejujuran, attitude dan akhlaq kita. Mikir secara logika. Kalo misal kita jadi bos pengusaha, ada yang mau ngelamar kerja dengan nilai ijasah yang sangat memuaskan, kita terima kerja. Nah, selama bekerja ia selalu berbohong, mencuri, menyelesaikan pekerjaannya kurang baik serta korupsi lah apa kita bakalan percaya sama orang itu lagi? Engga kan? Sedangkan orang yang nilainya pas-pasan tetapi bekerja dengan baik dan jujur pasti akan kita pertahankan. Karena apa? Karena kita lebih percaya dengan orang yang jujur dengan nilai seadanya itu dibandingkan dengan nilai yang besar.

Biasanya orang seperti itu mendapat nilai besar dari hasil menyontek dan ketidakjujurannya. Sebaiknya kita belajar untuk jujur dan ga menyontek dari sekarang supaya terbiasa dengan sistem sekolah di perguruan tinggi. Di perguruan tinggi, kalo kita ketahuan menyontek bakalan langsung dikasih nilai E dan diremedial. Gamau kan? Nah, makanya harus dibiasain buat ga nyontek ya.

Aku ada cerita, dulu mamah aku kuliah dan lagi ngerjain ujian bahasa Inggris, ada temennya yang nyalin semua jawaban dari mamah aku. Pas dibagiin hasilnya, eh mamah aku dapet nilai B dan temennya dapet nilai E sampe marah-marahin mamah aku. #Lah..

Be yourself and believe with your skill. Kalo mau dapet nilai yang memuaskan, ya kita harus rajin dan pinter bagi waktu kapan kita belajar, kapan kita main dan kapan kita harus beristirahat. Aku jujur belum bisa memanfaatkan waktu dengan baik tapi diusahain ko. 

Aku udah rajin tapi nilai tetep ga bagus, gimana dong?
Hm... Mungkin cara belajar kamu yang salah atau terlalu diporsir. Pinter bagi waktu aja, jangan terlalu diporsir juga. Coba deh cari tentang model belajar kamu yang seperti apa, contohnya visual itu biar bisa cepet ngafal materi ya harus dibaca berulang dan mencatat materi dengan pensil yang berwarna. Kalo yang audio cukup ngedengerin orang jelasin aja udah bisa nempel diotak.
Tetep pertahankan rajinnya tapi jangan terlalu diporsir karena akan berpengaruh pada sistem kerja otak dan kondisi kesehatan tubuh kamu juga, bisa sampe kamu kehilangan konsentrasi. Inget aja ya "Orang pinter bakalan kalah sama orang rajin".

Kalo ulangan nanya ke temen atau kerja sama boleh gak?
Diusahain sebisa kamu aja. Ga jauh beda sama nyontek sih. Kalo kamu udah mentok banget gatau mau jawab apa ya boleh deh tapi jangan banyak-banyak juga, kan kasian sama temen kamu yang udah belajar. Diusahain pede sama usaha kamu ya. Apapun hasil nilai nya, itu adalah hasil usaha kamu.

Aku takut dapet nilai kecil dan ga dapet sekolah favorit...
Awal yang baik berakhir juga baik, awal yang buruk akan berakhir buruk. Sekolah tujuannya mencari ilmu bukan pamer "eh aku sekolahnya favorit loh" bukaan gituuu, kalo ilmu kita berkah pasti bakalan sukses ko. Kun fayakun...Kalo kita sekolah di bukan sekolah favorit tapi Allah udah takdirin kita lebih sukses daripada yang di sekolah favorit gimana hayo? Awalnya iya nyesel, sedih gimana gitu. Akhirnya aku yakin deh kalian bakalan bersyukur.

Oke deh gabakalan nyontek tapi kalo nilai aku kecil nyogok aja deh ya?
Jangan nyogok, iya tau sih jaman sekarang kalo gaada duit kita bisa apa? Lah...... Ga gitu, kita punya Allah, punya Tuhan. Allah aja bisa bikin planet, bumi dan seisinya, bisa menciptakan galaksi yang super besar ini ya masa buat lulusin kamu ke sekolah yang kamu pengen ga bisa? Ya bisa lah. Asal kita rajin berdoa dan usaha. Hm..Ikhtiar jang lupa. Semangat jugaaa jangan patah! Inget ya, awal yang baik berakhir pun baik juga, awal yang buruk maka berakhir buruk juga.

Lah ngapain usaha kalo takdir kita udah ditentuin sama Tuhan?
Bzz.. Ga gitu juga mikirnya. Takdir bisa dirubah sesuai dengan doa dan usaha kita. Aku pernah denger ceramah dari Ustadzah Oky, intinya gini. Misalkan Allah udah takdirin kita tetapi takdir Allah ga sesuai dengan keinginan kita, maka apabila kita terus berdoa dan usaha tanpa henti, maka takdir Allah akan dikalahkan dengan keinginan yang kita mau. Dilangit antara takdir Allah dan takdir yang kita ingin akan adu kekuatan, mana yang lebih kuat bakalan jadi takdir kita yang sesungguhnya.

Aku pengen ke sekolah favorit tapi pasti gabakalan bisa karena aku ga bergelimang harta...
Lahh kata siapa? Kamu punya Allah kan? Coba deh perkataan kamu yang the loser itu diubah jadi kalimat the winner "Aku pasti bisa ke sekolah favorit walaupun ga bergelimang harta" inget yaaa What you Think What You are. Segala yang kamu pikirkan tentang dirimu itu adalah kamu sendiri. kalo pikiran kamu itu the loser terus yaaa.......gitu deh bakalan jadi the loser. Berdoa dan usaha!

Udah usaha dan berdoa tapi tetep ga sesuai yang aku ingin, Allah ga denger doaku ya?
Jangan bersuudzan ya, Allah pasti denger. Allah itu lagi nyiapin hadiah yang paling istimewa buat kamuu, tungguin ajaa ya. Ada 3 hal bahwa Allah mengabulkan doa :
1. Ya, aku kabulkan permintaanmu sekarang.
2. Ya, aku kabulkan permintaanmu nanti
3. Aku akan menggantikan permintaanmu menjadi yang lebih baik.

sumber : katakata4you.blogsopt.com
Duh udah malem, ngantuk. Maafkan aku kalo artikelnya ga jelas, ga sesuai tema. Aku nyadar pas di paragraf awal itu menyangkut tema, pas kebawah malah gaje hehe. Berbagi ilmu aja. Terima kasih yang sudah berkunjung..

You May Also Like

6 comments

  1. Enaknya nggak nyontek walaupun dpt jelek rasanya bangga2 gimana gituh terus kalo masalah udh belajar giat tapi nilainya masih nggak bagus ya bukan berarti jelek berarti emang nggak cocok sama pelajarannya hehehehe + nggak nyontek itu juga ningkatin kepercayaan diri loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bener banget tuh:) lagian walau dapet nilai kecil kan tapi kita jujur...

      Delete
  2. liat anak sdsmpsma nyontek masih biasa, tapi kalo liat mahasiswa, cuma geleng2 kepala, mau jadi calon koruptor :/

    ReplyDelete
  3. Padahal nyontek itu gak ada untungnya sama sekali. Yang iya malah makin gak ngerti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa, bukannya makin pinter malah makin ga ngerti..

      Delete