Kenapa Harus Kuliah?

by - 11:22

Sekarang aku mau bahas tentang "Why we should go to college?" Yaa kalo pada nanya kenapa aku lanjut kuliah? Ya jawaban simpelnya sih karna aku pengen menggapai cita-cita dong, masa lulus kuliah aku langsung ke KUA gitu nikah muda? Haha ya ngga kali, calonnya juga ga ada wkwk ya kalo misalnya ada yang ngajak juga aku gamau, mau orangnya tajir dan ganteng kaya apa juga aku tetep punya tekad "HARUS LULUS KULIAH SEBELUM NIKAH".

Basa basi dulu nih wkwk. Btw, orang tua aku kuliah jadi masa anaknya ngga, ya harus lebih baik gitulah dari orang tua, kata mamah sih gitu. Jadi, disaat banyak anak remaja yang lulus SMA bahkan yang belum juga lulus sekolah pun banyak yang ambisi pengen cepet-cepet nikah, aku malah belum kepikiran buat nikah, karena opini aku nih ya, plis kalo ga sepaham sama aku jangan debat ya, ini aku mengamati saja. Kebanyakan orang yang ambisi pengen cepet-cepet nikah setelah baru aja lulus SMA itu korban dari selebgram yang nikah muda terus suka upload foto kebahagiaan keluarganya gitu jadi ada rasa kepengen gitu, padahal kalo kita liat dari sisi lain ya maklumlah mereka nikah muda karena sudah kaya, punya banyak bisnis, udah punya penghasilan sendiri yang 'Wah'. Sedangkan kalo dibandingin dengan kehidupan kita, ya belum sampe atuh, kalo iya lulus SMA mau nikah muda sama pasangan yang masih belum berpenghasilan juga sih boro-boro tuh main instagram, makan aja susah.

Bahkan banyak juga temen aku yang berencana di sela-sela kuliah mau nikah. Ya aku mikir ajasih, kenapa ga tahan dulu aja sebentar lagian kuliah S1 itu 4 tahun, usia kalian masih rata-rata 22 tahun ko masih tergolong muda :') Karena kalo kuliah ditambah ngurusin kehidupan rumah tangga itu susah, kalian tugas kuliah banyak, belum ngurusin suami, apalagi kalo udah punya anak, ya mungkin ada yang berpikir mau nunda punya anak tapi kan kita gatau kuasa Tuhan, Dia bilang "Sekarang juga hamil" ya hamil. No matter how.

Semua yang kalian ekspektasikan indah itu belum tentu realitanya indah juga. Jadi, sebelum bertindak, harus mikir berkali-kali resikonya.

Oke skip. Jadi kita kenapa sih harus kuliah? Kan ga menjamin sukses? Sarjana banyak yang nganggur tuh? Ini dia jawabannya!

1. Menambah Wawasan
Of course, kuliah itu sangat menambah wawasan. Dengan kuliah, kamu bisa tau passions, bakat, minat kamu. Bahkan bisa menambah soft skills dan menambah goals baru dalam kehidupanmu. Banyak ko kaka kelas aku yang tadinya pendiem, setelah kuliah, mencoba aktif organisasi, dia jadi bener-bener orang yang berwibawa dan percaya diri. Kehidupan perkuliahan itu memang mendorong kita untuk menjadi pribadi yang cerdas dan percaya diri guys!

2. Punya Koneksi
Koneksi disini dimaksudkan dengan punya banyak koneksi kenalan dan teman-teman dari berbagai kalangan. Mungkin ya kalo di dunia perkuliahan punya banyak kenalan ga begitu membantu tapi nanti kalo udah lulus kuliah baru deh bener-bener kerasa yang namanya punya banyak koneksi itu sangat bermanfaat untuk bantu dapetin kerja misalnya. Jadi, kalo udah kuliah nanti jangan menutup diri ya, harus punya kenalan sana-sini. Oke?

 3. Belajar Mandiri
Biasanya nih khusus buat yang ngerantau dan ngekos otomatis jauh kan dari orang tua, biasanya apa-apa disiapin orang tua sekarang selama kuliah udah ngga guys, kehidupan ngekos mendorong kita buat tidak-bergantung-dengan-keluarga, yang biasanya baru belajar kudu diingetin orang tua sekarang harus punya kesadaran diri masing-masing dan pastinya hal ini akan membantu kalian buat membangun rumah tangga nanti.

4. Lebih Berpeluang Mendapat Pekerjaan
Aku ga bermaksud menyudutkan orang yang ga kuliah ya guys cuma faktanya sekarang kebanyakan orang yang boleh melamar kerja itu yang pendidikannya minimal D3. Jadi mau gamau kalo mau dapet pekerjaan yang enak dan layak kalian seenggaknya kuliah dulu deh, tapi yang bener, jangan jadi lulusan yang asal-asalan, terlepas dari pernyataan 'Sarjana banyak yang nganggur' seenggaknya kita udah berusaha loh, jadi ya balik lagi di point nomer 2, selama kuliah harus punya banyak koneksi, jadi temen yang baik juga, jangan ngeselin ya. Berdoa dan tawakkal juga sangat penting.

5. Lebih Siap Menghadapi Dunia Kerja
Kuliah itu ya otomatis mengajarkan kita agar siap menghadapi dunia kerja, biar ga kaget karena setau aku dunia kerja itu berat, di masa perkuliahan itu bakalan dibiasain biar kita bener-bener matang dan terbiasa dengan dunia kerja.

6. Ketemu Jodoh
Hahahhaa kenapa aku ketawa di bagian ini :') Ya siapa tau kan kamu bertemu dengan sang jodoh di kampus. Ini point bonus sumpah.

Jadi ya guys kuliah itu penting, kalo kalian dikasih kesempatan buat kuliah harus dimanfaatkan dengan baik. Karena banyak loh yang pengen kuliah tapi ga bisa karna biaya atau alesan lainnya. Semoga kalian sukses semuanyaa aamiin. Terima kasih sudah berkunjung..

source

You May Also Like

5 comments

  1. Bagian paling menarik dari kuliah itu menurutku menjalin koneksi dan mencari pengalaman berorganisasi. Mengasah ilmu udah banyak banget cara, nggak harus dari pendidikan formal. Pun banyak perusahaan yang semakin terbuka dengan lulusan apapun asal pengalaman kerja dan skill mendukung.

    Tapi aku bukan mau bilang kuliah itu nggak penting-penting amat, noo... Justru kuliah memberimu lebih banyak pintu jika mau benar-benar aktif dan memanfaatkan kesempatan.

    ReplyDelete
  2. Kalau masih ada kesempatan waktu dan biaya, kuliah aja. Nanti kerasa manfaatnya kalau sudah seusia saya, bekal yg dipelajari selama kuliah bisa untuk membantu mengajar anak jadi anak nggak perlu bimbel lagi di luar sekolah. Wawasan pun luas jadi bisa mendampingi anak menghadapi dunia yg skrg sudah banyak berubah.

    ReplyDelete
  3. Mantap mba elsha saya suka tulisannya sangat memotivasi. Sukses terus mba, jangan bosan menulis.. Kasian pembaca nungguin terus postinganmu :"(

    ReplyDelete
  4. Sebenernya kuliah juga membuka pintu jodoh wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Karena dengan kuliah kita jadi lebih tahu, lebih banyak ilmu. Lebih mudah cari kerja juga kali ya hehe. Soalnya di zaman sekarang cari kerja itu lumayan susah kakak

    ReplyDelete